Sabtu, 18 Mei 2019

STRUKTUR ORGANISASI DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Organisasi merupakan sistem yang terdiri dari sekumpulan manusia yang memiliki tujuan yang sama. Organisasi sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari, misalnya di dunia kerja. Setiap perusahaan pasti memiliki organisasi yang bertujuan untuk mewujudkan visi dan misinya. Tujuan utama darididirikannya perusahaan yaitu unuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya struktur organisasi yang baik guna mempermudah dalam koordinasi pekerjaan.
Sebenarnya tidak ada pedoman khusus dalam menyusun struktur organisasi di suatu perusahan. Karena pada dasarnya penentuan struktur organisasi di suatu perusahaan tergantung dari kebutuhan di tempat kera itu sendiri. Namun, pada umumnya bentuk organisasi di suatu perusahaan terdiri dari General Manager, Manager, Supervisor, Staff (administrasi), Group Leader, dan Operator. Untuk lebih jelasnya mari kita uraikan penjabarannya satu per satu.
General Manager
General Manager (GM) merupakan pemimpin tertinggi dalam orgnisasi di perusahaan. Tugas General Manager adalah sebagai penentu kebijakan strategis di suatu perusahaan berdasarkan laporan analisa dari manager tiap - tiap departemen. General manager bertanggung jawab langsun kepada owner (pemilik) perusahaan.
Manager
Manager merupakan pemimpin tertinggi di tiap – tiap departemen di suatu perusahaan. Tugas seorang manager adalah mengawasi dan mengarahkan kinerja departemen yang menjadi wewenangnya. Manager bertanggung jawab langsung kepada General Manager yang enjadi atasannya.
Supervisor
Supervisor bertugas untuk menterjemahkan visi dari seorang manager agar bisa tersampaikan ke level bawah, yaitu Group Leader dan operator. Seorang supervisor diibaratkan sebagai jembatan yang menghubungkan antara karyawan lapangan dengan tim manajemen.
Staff (Administrasi)
Staff bertugas untuk menginput data – data yang diperlukan oleh supervisor sebagai bahan untuk pertimbangan dalam melakukan perbaikan proses. Seorang staff bertanggung jawab kepada supervisor yang menjadi atasannya.
Group Leader
Group Leader bertugas sebagai pengawas kinerja operator. Terkadang peran group leader juga diperlukan untuk membantu pekerjaan operator yang tidak bisa terselesaikan, seperti job yang berlebihan sehingga terjadi bottleneck pada prosesnya.
Operator
Operator bertugas untuk menjalankan pekerjaan yang sudah ditetapkan oleh tim manajemen. Operator bertanggung jawab langsung terhadap kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan.
Sejatinya di dalam suatu organisasi pasti meiliki pemimpin dan orang yang dipimpin, seperti qodratnya manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang ditakdirkan oleh Tuhan untuk menjadi khalifah di bumi.
Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Bila anda ingin membaca materi seputar teknik industri lainnya, silahkan klik materi teknik industri lainnya
(baca juga : cara mencegah dan mengobati penularan virus corona sesuai sunnah nabi)