Sabtu, 24 Oktober 2020

SOFTWARE CATIA


Salah satu program atau software komputer yang digunakan untuk merancang desain produk adalah CATIA. Kepanjangan dari CATIA yaitu Computer Aided Three-dimensional Interactive Application

CATIA merupakan salah satu software CAD/CAM/CAE terbesar di dunia. CATIA pertama kali dibuat pada tahun 1980 dan dikembangkan di Perancis oleh Dassault pada pengerjaan proyek jet tempur pada tahun 1990. Dewasa ini CATIA banyak digunakan untuk industri pesawat terbang, industri otomotif, dan perkapalan. 

(Baca juga : pengertian otomasi industri)

Program ini tidak hanya digunakan untuk membuat gambar 2D dan 3D saja, karena multi-platform CAD/CAM/CAE software ini pun bisa digunakan untuk membuat perencanaan dan perancangan proses pemesinan dari suatu produk. Kemudian membuat simulasinya, serta menganalisa karakteristik dari produk tersebut. Dalam pasar CAD/CAM/CAE CATIA berkompetisi juga dengan Siemens NX, Pro/ENGINEER, SolidWorks, Solid Edge, dan lainnya. 

(Baca juga : continuous improvement)

Selain digunakan untuk membuat desain Pesawat terbang, otomotif, dan perkapalan, CATIA juga bisa digunakan oleh para arsitek untuk membuat desain bangunan yang melengkung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar