Kepuasan pelanggan adalah hal yang mutlak untuk diperhatikan oleh semua perusahaan jika ingin bisnisnya tetap berjalan dengan lancar. Kepuasan pelanggan biasanya terdiri dari 3 faktor yang mempengaruhinya, yaitu kualitas produk, harga produk, dan pengiriman produk tepat waktu (Quality, Cost, Delivery / QCD).
Selain kualitas yang baik dan harga yang murah, kepuasan pelanggan juga dipengaruhi oleh ketepatan waktu pengiriman. Ketika pelanggan sudah memesan atau membeli barang, namun barang tersebut tidak kunjung tiba, maka mereka akan kecewa. Hal itu akan berpengaruh terhadap reputasi kita sebagai seorang supplier.
(Baca juga : penilaian risiko / risk assesment)
Terlebih lagi apabila kita memasok barang - barang berupa material (bahan baku) yang berguna untuk proses produksi di suatu perusahaan. Sedangkan perusahaan yang membeli bahan baku dari kita tidak bisa melakukan kegiatan produksi dikarenakan kita terlambat dalam mengirim bahan baku. Bisa saja perusahaan tersebut tidak akan memesan produk kepada kita lagi. Sehingga akan berdampak pada kita sebagai supplier yaitu kehilangan pelanggan.
Oleh sebab itu, kita perlu memahami tentang jadwal pengiriman. Jadwal pengiriman (delivery schedule) dibuat untuk memudahkan dalam memprioritaskan produk mana yang paling urgent (penting) untuk diproduksi dan dikirim ke pelanggan dalam jangka waktu yang dekat. Jadwal pengiriman dibuat berdasarkan pesanan dari pelanggan. Pelanggan yang pertama kali memesan barang tentu saja akan didahulukan dalam jadwal tersebut, tentunya melalui negosiasi dengan kita sebagai supplier. Berapa jumlah yang dipesan dan kapan barang tersebut akan diminta adalah hal - hal yang perlu kita prioritaskan dalam membuat jadwal pengiriman.
Jadwal pengiriman sangat diperlukan oleh semua divisi sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan. Di antaranya adalah divisi marketing, PPIC, produksi, QC, purchasing, dan lain - lain.
Dengan adanya jadwal pengiriman, kita bisa mengetahui kapan suatu produk akan dikirim beserta jumlahnya, sehingga memudahkan kita dalam membuat suatu perencanaan untuk mempersiapkan produk yang akan dikirim ke customer tersebut.
Itulah sekilas pengertian mengenai jadwal pengiriman, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar