Jumat, 16 Oktober 2020

ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Analitycal Hierarchy Process (AHP) merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memecahkan masalah ke dalam bentuk hirarki dengan memberi nilai untuk menetapkan prioritas tertinggi. 

Proses pengambilan keputusan pada dasarnya adalah memilih suatu alternatif yang terbaik. Pendukung utama dalam penentuan Analitycal Hierarchy Process (AHP) yaitu sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya berupa persepsi manusia. Dengan metode AHP, suatu masalah yang kompleks dan tidak terstruktur bisa dipecahkan ke dalam kelompok-kelompok dan diatur menjadi suatu bentuk hirarki. 

(Baca juga : kepemimpinan / leadership)

Kelebihan metode AHP adalah sebagai berikut :

1. Struktur yang berhirarki, sebagai konsekwensi dari kriteria yang dipilih, sampai pada subkriteria yang paling dalam

2. Memperhitungkan validitas sampai dengan batas toleransi inkosistensi berbagai kriteria dan alternatif yang dipilih oleh para pengambil keputusan

3. Memperhitungkan daya tahan atau ketahanan output analisis sensitivitas pengambilan keputusan.

(Baca juga : kesehatan & keselamatan kerja)

Sumber kerumitan masalah dalam pengambilan keputusan adalah adanya beragam kriteria pemilihan. Oleh karena itu, Analythical Hierarchy Process (AHP) bisa digunakan sebagai teknik untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Dalam perkembangannya, AHP tidak hanya digunakan untuk menentukan prioritas pilihan dengan banyak kriteria, tetapi penerapannya telah meluas sebagai metode alternatif untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar