Kamis, 15 Oktober 2020

PERBEDAAN ANTARA EFEKTIF DAN EFISIEN

Dalam kehidupan sehari - hari, sering kita mendengar kata efisien dan efektif. Terutama di tempat kerja, baik di perusahaan industri ataupun jasa. Namun sebagian dari kita ada yang belum mengerti mengenai perbedaan antara efisien dan efektif.

Efisien adalah suatu keadaan yang hemat dalam hal penggunaan sumber daya, energi, ataupun hemat dana dalam suatu pengelolaan. Ketika kita berhasil membuat produk dengan biaya yang minim atau sedikit, berarti kita sudah efisien.

Efektif adalah suatu keadaan dimana kita berhasil membuat produk secara tepat dengan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki. Ketika kita berhasil mencapai target produksi dengan memanfaatkan keterampilan operator, berarti kita sudah efektif. 


Contoh logika antara efisien dan efektif :

Agus ingin berlibur dari Jakarta ke Semarang. Agus bisa pergi menuju Semarang dengan cara efektif saja, efisien saja atau dengan cara yang efektif dan efisien.

  • Bila Agus pergi ke Semarang menggunakan Pesawat dengan tiket Rp. 1.400.000 dan sampai dalam waktu 1 jam. Maka Agus melakukan pekerjaan tersebut dengan Efektif, namun Tidak Efisien. Karena ia harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk perjalanan tersebut. 
  • Bila Agus pergi ke Semarang menggunakan Bus Ekonomi dengan harga Rp. 95.000 dan sampai dalam waktu 10 jam, maka Agus melakukan perjalanan tersebut dengan Efisien, Namun kurang Efektif.
  • Agar perjalanan Agus bisa dilakukan secara efektif dan efisien, maka ia harus memikirkan bagaimana agar ia sampai di Semarang dengan biaya yang murah, tapi tidak menghabiskan banyak waktu di jalan. Ia bisa memilih (misalnya) menggunakan kereta yang harganya murah dan durasi perjalannya juga tidak terlalu lama ataupun alternatif yang lain.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar