Jumat, 13 November 2020

Pengertian Faktor QCDSMPE (Kualitas, Biaya, Pengiriman, Keselamatan, Moral, Produktifitas, Lingkungan)


Bagi produsen ataupun konsumen, kualitas barang maupun jasa adalah sesuatu yang harus diperhatikan dan menjadi prioritas yang paling utama. Dalam menjamin suatu kualitas tidak hanya sekedar bagus atau tidaknya mutu produk atau jasa yang dihasilkan, akan tetapi lebih dari itu. Ada faktor - faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis suatu perusahaan, yaitu tingkat kepercayaan pelanggan. Faktor - faktor yang berpengaruh tersebut dinamakan dengan faktor QCDSMPE. Lalu pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan faktor QCDSMPE?

QCDSMPE merupakan singkatan dari Quality, Cost, Delivery, Safety, Morale, Productivity, Environment. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah kualitas, biaya, pengiriman, keselamatan, moral, produktifitas, lingkungan. QCDSMPE merupakan faktor - faktor yang harus diperhatikan dalam mengelola bisnis perusahaan agar menjadi lebih baik dari kualitas operasional manajemen. Kualitas di sini bukan hanya menyangkut tentang produk yang bagus dan produk yang cacat saja, tetapi lebih dari itu. Kualitas di sini harus memenuhi pertanyaan seperti bagaimana kualitas pengirimannya, apakah tepat waktu? Bagaimana kualitas lingkungannya? Apakah bersih dan teratur? Bagaimana kualitas keselamatannya, apakah membahayakan jiwa atau tidak? dan sebagainya.


Untuk erikutlebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian faktor - faktor QCDSMPE, jika diperinci satu persatu.

1. Quality 
Quality menjelaskan  mengenai kualitas yang dihasilkan dari suatu proses produksi, tentang bagaimana status produk tersebut apakah defect atau good.

2. Cost
Cost merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Biaya yang berkualitas ditandai dengan murahnya biaya operasional produksi, namun tidak mengurangi produktifitas produksi.

3. Delivery
Delivery merupakan pengiriman barang atau produk yang dilakukan oleh produsen ke konsumen. Pengiriman yang berkualitas ditandai dengan pengiriman yang tepat waktu.

4. Safety
Safety merupakan tingkat keselamatan yang berada dalam lingkungan kerja. Kualitas keselamatan pekerja ditandai dengan tidak adanya kecelakaan kerja atau zero accident.

5. Morale 
Morale merupakan sikap yang ditunjukkan oleh para karyawan dan pemilik perusahaan. Kualitas sikap moral yang baik bisa ditandai dengan adanya rasa tanggung jawab di antara para karyawan, pemilik perusahaan terhadap hubungannya dengan pelanggan ataupun pemerintah.

6. Productivity
Productivity merupakan pencapaian kinerja atau hasil produksi yang dicapai oleh perusahaan. Kualitas kinerja ini bisa dilihat dengan meningkatnya keuntungan perusahaan, banyaknya produk yang dihasilkan dengan kualitas yang baik, serta sedikitnya sumber daya yang dikeluarkan dalam kegiatan operasional

7. Environment
Environment merupakan kondisi lingkungan di sekitar area kerja perusahaan. Kualitas lingkungan yang baik bisa dilihat melalui tingkat pencemaran yang terjadi akibat limbah industri terhadap air, udara, dan tanah.

Pada akhirnya, QCDSMPE menjamin kualitas dari semua bidang. Jika perusahaan mampu mengelola faktor QCDSMPE dengan baik, maka kemungkinan besar perusahaan akan memperoleh keuntungan baik dari segi pendapatan maupun kepercayaan dari pelanggan dan pemerintah.


Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar