Jumat, 13 November 2020

Penggunaan Microsoft Power BI Untuk Monitoring Kinerja Perusahaan


Tidak dapat dipungkiri di era industri 4.0 sekarang ini, kecanggihan teknologi dan informasi sangat diperlukan untuk monitoring kinerja perusahaan. Kebutuhan informasi yang cepat dan mudah dibaca dalam bentuk grafis seperti menjadi sebuah keharusan bagi para staff kantor maupun jajaran manajemen. Salah satu teknologi informasi tersebut bernama microsoft power BI, yang merupakan produk asli dari perusahaan microsoft. 

Microsoft Power BI adalah software intelligence bisnis besutan Microsoft yang memungkinkan perusahaan untuk mengolah data lebih detail dan menampilkannya dalam grafis yang lebih interaktif. Keunggulan dari microsoft Power BI yaitu bisa untuk memvisualisasikan data yang telah kita input ke dalam komputer. Melalui Microsoft power BI, perusahaan juga bisa dengan mudah mengontrol dan memantau data - data manajemen yang diperlukan.

Power BI bisa diinstall di beberapa platform seperti PC/Laptop maupun smartphone. Power BI cukup ramah dan bisa berjalan dengan baik di sistem Windows, IOS dan Android. Pada dasarnya Aplikasi ini bisa kita dapatkan secara cuma-cuma atau gratis, namun fitur yang akan didapatkan tidak akan selengkap versi pro.

Manfaat Power BI untuk aplikasi teknik industri

Di dalam industri manufaktur, penerapan ilmu teknik industri sangat diperlukan untuk mendukung jalannya proses produksi. Melalui monitoring yang tepat dan cepat, informasi data berupa output produksi, cacat produksi, downtime produksi, maupun efisiensi produksi bisa dengan mudah ditampilkan lewat Microsoft power BI. Sehingga, dengan kecepatan dan ketepatan informasi tersebut para staff dan jajaran manajemen bisa mengetahui kinerja dari produksi dan segera mengambil tindakan yang diperlukan. 

Microsoft power BI bisa dijadikan sebagai tolak ukur Key Performance Index (KPI) di suatu perusahaan yang menerapkannya. Para insinyur produksi atau teknik industri selanjutnya bisa mencari penyebab masalah yang terjadi di produksi dan melakukan improvement (perbaikan) melalui PDCA, lean six sigma, line balancing, ataupun yang lainnya.

Konsep Yang Diusung Oleh Power BI

Microsoft power BI mengusung 3 konsep kerja yang sangat membantu perusahaan dalam menganalisa data, di antaranya yaitu Dashboard, Report, dan Datasets. 

1. Dashboard 

Dashboard yaitu tampilan integrasi yang menampilkan sekumpulan report dari sekumpulan dataset. Dashboard memberikan informasi data, analisa, serta memberikan gambaran dalam bentuk single visualisasi dashboard. 

2. Datasets 

Datasets yaitu kumpulan data yang di import atau dikoneksikan pada Power BI. 

3. Report 

Report yaitu visualisasi dalam bentuk chart atau grafik.

(Baca juga : pengertian QCDSMPE / Quality, Cost, Delivery, Safety, Morale, Productivity, Environment)

Microsoft Power BI bisa diintegrasikan dengan beberapa aplikasi pengolah data populer yang sudah banyak digunakan di indutri IT. Seperti alat pengolah data Google Analitycs besutan raksasa teknologi Google, pengolah data dari Oracle, pengolah data Salesforce , Microsoft Dynamic CRM, Mysql, dan sebagainya.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar