Sabtu, 14 November 2020

Odoo Sebagai Software Pendukung Sistem ERP


Perkembangan industri manufaktur saat ini telah didukung oleh sistem informasi yang telah terintegrasi dari satu bagian ke bagian yang lainnya dalam ruang lingkup perusahaan. Kemajuan teknologi ini tidak lepas dari peran ERP (Enterprise Resources Planning) sebagai sistem informasi yang sangat diperlukan oleh perusahaan di era industri 4.0 ini. Melalui sistem ERP, setiap orang yang mengaksesnya bisa melihat status informasi mengenai hasil output produksi, efisiensi produksi, jumlah cacat yang muncul, jumlah stock barang yang tersedia, jumlah tenaga kerja yang tersedia, jumlah biaya yang dikeluarkan, dan sebagainya.

Salah satu software ERP yang terkenal yaitu Odoo. Lalu pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan Odoo?

Odoo merupakan sebuah perangkat lunak atau aplikasi bisnis (ERP) yang bersifat opensource yang memiliki fitur yang sangat lengkap mencakup Project Management, Penjualan (Sales), Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan. Bentuk dari sistem Odoo ini sendiri ada bermacam, diantaranya adalah berbasis web, desktop serta mobile.

Odoo menawarkan tiga solusi dalam pemakaiannya, yaitu sebagai berikut :

1. Odoo enterprise 

Odoo enterprise bisa di install di-hardware sendiri dengan membayar licensi kepada Odoo

2. Odoo Online Saas 

Odoo online saran artinya kita membayar licensi kepada Odoo dan server-nya sudah langsung di sediakan oleh Odoo di cloud server 

3. Odoo community 

Odoo community artinya tidak perlu membayar sedikitpun untuk mendapat akses kepada source code-nya dan bisa di-install di hardware manapun dan bisa kustomisasi modul yang sudah ada ataupun bisa membuat modul yang baru.

(Baca juga : kegunaan Microsoft power BI untuk monitoring kinerja di perusahaan)

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan utama yang diberikan oleh Odoo untuk pengelolaan bisnis perusahaan :

1. Odoo Memiliki fitur yang lengkap & memiliki dukungan komunitas

Software ini menawarkan banyak fitur & fungsionalitas dengan lebih dari 1000 modul yang dapat digunakan dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Dengan dukungan aktif dari banyak komunitas online secara otomatis membuat fungsi yang ditawarkan oleh Odoo akan terus meningkat.

2. Modular 

Modular merupakan istilah yang berhubungan dengan peralatan yang memiliki karakteristik yang dapat di bongkar-pasang dengan mudah, maupun menggantinya dengan unit lain yang berbeda bentuk namun fungsi sama. Sebuah modul mendefinisikan struktur data, form, laporan, menu, prosedur, alur kerja, dan lainnya. Modul juga dapat mengandung komponen web yang ditulis dalam JavaScript. 

3. Menawarkan TCO yang rendah

Penghematan biaya merupakan salah satu keuntungan yang ditawarkann oleh ODOO karena memiliki TCO yang sangat rendah. TCO (Total Cost Ownership) merupakan  jenis perhitungan yang dirancang untuk membantu konsumen dan manajer perusahaan menilai biaya dan manfaat yang terkait dengan pembelian komponen TI secara langsung dan tidak langsung. 

4. Mudah untuk disesuaikan

Tak hanya mudah untuk digunakan, tapi juga software ini sangat fleksibel karena mudah disesuaikan dengan kebutuhan sepesifik bisnis dalam setiap perusahaan.

5. Tersedia secara gratis

Dikarenakan dikenal sebagai open source, hal ini membuat Anda dapat mendownload Odoo dengan bebas dan tidak ada biaya perizinan untuk menggunakannya.

(Baca juga : pengertian Customer Relationship Management / CRM)

Itulah pengertian mengenai software Odoo dan manfaatnya dalam manajemen bisnis di perusahaan. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.


1 komentar:

  1. Sell your Odoo as a SAAS service to your clients with the help of Odoo SAAS ToolKit. It provides several customization options to the consumers. They can access several fundamental modules as a time-based service without buying them with a proprietary license.

    BalasHapus