Rabu, 14 Oktober 2020

ALAT PELINDUNG DIRI (APD)


Ketika bekerja di suatu tempat yang memiliki resiko terhadap kesehatan dan keselamatan diri, maka perlu dilakukan pencegahan dengan alat pelindung diri.

Diharapkan dengan alat tersebut kita bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja.

Alat pelindung diri (APD) adalah alat yang diperlukan untuk melindungi diri dari segala macam bahaya di tempat kerja yang bisa mengancam keselamatan jiwa. Alat pelindung diri merupakan perlengkapan yang selalu digunakan dalam penerapan program K3 (Kesehatan & Keselamatan Kerja)

Perlengkapan peralatan APD harus memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku, seperti kebersihan dan kenyamanan harus dirasakan oleh para pekerja, serta harus diganti secara berkala jika sudah tidak berfungsi dengan baik dan sudah habis masa pakainya.


Macam - macam alat pelindung diri :

1. Alat pelindung kepala
Alat pelindung kepala berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan, dan cedera akibat kejatuhan benda keras.

2. Alat pelindung wajah
Alat pelindung wajah berfungsi untuk melindungi mata dan muka dari paparan bahan kimia berbahaya.

3. Alat pelindung telinga
Alat pelindung telinga terdiri dari sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear muff) yang berfungsi untuk melindungi telinga dari kebisingan atau tekanan udara.

4. Alat pelindung pernapasan
Alat pelindung pernapasan berfungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan cara menyalurkan udara bersih atau menyaring paparan zat atau benda berbahaya, seperti mikroorganisme (virus, bakteri, dan jamur), debu, kabut, uap, asap, dan gas kimia tertentu.

5. Alat pelindung tangan
Alat pelindung tangan (sarung tangan berfungsi untuk melindungi telapak tangan dan jari - jari dari api, suhu panas atau dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, benturan atau pukulan, tergores benda tajam, atau infeksi.

6. Alat pelindung kaki
Alat ini berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan atau tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan panas atau dingin dan bahan kimia berbahaya, serta terpeleset karena permukaan yang licin.

7. Alat pelindung tubuh
Alat pelindung tubuh (pakaian pelindung) berfungsi untuk melindungi tubuh dari suhu panas atau dingin yang ekstrim, paparan api dan benda panas, percikan bahan kimia, uap panas, benturan, radiasi, gigitan atau sengatan binatang, serta infeksi virus, jamur, dan bakteri.

8. Sabuk pengaman
Sabuk pengaman berfungsi untuk mencegah pekerja terjatuh dari ketinggian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar