Rabu, 15 April 2020

CARA MEMBUAT MASTER PRODUCTION SCHEDULE (JADWAL INDUK PRODUKSI) DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

Master Production Schedule (MPS) atau jadwal induk produksi adalah suatu metode yang digunakan untuk membuat rencana produksi baik berupa bulanan ataupun mingguan. MPS berasal dari data forecasting (peralaman permintaan) jika produk itu bersifat make to stock, namun MPS juga berasal dari data demand (permintaan customer) jika produk itu bersifat make to order). Departemen yang bertanggung jawab dalam membuat MPS adalah PPIC, sebagai perencana produksi dan pengendali inventory.
Hasil MPS juga dibutuhkan untuk menghitung kebutuhan material yang diperlukan dalam proses produksi, atau yang disebut dengan Bill Of Material (BOM). Sebelum departemen produksi melakukan proses produksi, ia akan membaca MPS dan juga BOM sebagai perintah produksi, agar produksi bisa berjalan sesuai perencanaan tanpa adanya hambatan (seperti kesalahan membuat produk dan kekurangan bahan baku).
Berikut ini adalah contoh pembuatan master production schedule (MPS) dengan menggunakan microsoft excel pada jenis produk make to stock. Kita asumsikan bahwa pada Work In Process (WIP) atau produk yang sedang dalam pengerjaan dihitung sebagai inventory (ikut sebagai persediaan).
Langkah - langkah dalam membuatnya adalah sebagai berikut :
1. Buatlah tabel master production schedule (MPS) dengan format nama produk, forecast, inventory, dan rencana produksi.
2. Kemudian pada kolom rencana produksi, masukan rumus =E6-F6 di kolom G6, karena rencana produksi yang kita buat harus disesuaikan dengan inventory di gudang jadi.
3. Tekan ‘’enter’’, maka akan muncul jumlah unit yang harus diproduksi di bulan mei, yaitu sebanyak 5000 unit.
4.Lalu tarik ke bawah dari kolom G6 sampai ke kolom G8, maka akan muncul jumlah unit yang harus diproduksi pada masing – masing jenis produk minuman
5. Kemudian buatlah tabel untuk rencana produksi mingguan (week) di bulan mei 2020
6. Kemudian buatlah rencana produksi mingguan dengan membagi dari rencana produksi bulanan menjadi rencana produksi mingguan. Misalnya misalnya pada teh cup jumlahnya 5000 unit/bulan, dan di bulan mei terdapat 5 minggu. Maka kita bisa plotkan angkanya untuk masing – masing per minggu adalah sebanyak 1000 unit / minggu.

(baca juga : Bill Of Material)
Demikianlah cara membuat master production schedule (MPS) dengan menggunakan microsoft excel. Tentu saja di setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam membuat penjadwalan produksi. Namun secara garis besar hampir sama metodenya, terlebih lagi untuk model produksi make to stock (MTO).

 
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.