Minggu, 10 Februari 2019

BILL OF MATERIAL (BOM)

Bill Of Material (BOM) adalah sebuah struktur yang menjelaskan tentang komponen - komponen dalam suatu produk. Setiap produk pasti memiliki struktur komponen tersendiri dengan produk jenis yang lain. Misalnya, pada struktur komponen produksi mobil pasti berbeda dengan struktur komponen produksi meja atau kursi. Hal inilah yang membedakan bahwa bill of material mobil berbeda dengan bill of material meja atau kursi.
(baca juga : seputar teknik industri)
Dalam suatu perencanaan produksi, bill of material sangatlah penting untuk diketahui oleh para stakeholder (pihak yang berkontribusi) dalam suatu bisnis. Sebab, tanpa adanya pengetahuan tentang bill of material maka akan kesulitan dalam membuat suatu produk. Bisa diibaratkan apabila kita ingin membuat teh manis, namun lupa memakai gula, maka produk kita tidak bisa dikatakan sebagai teh manis, tetapi teh tawar (loss sugar). Minuman yang kita buat rencana awalnya adalah teh manis, namun kita lupa memberi material bernama gula. sehingga bill of materialnya tidak lengkap, akibat lupa memberikan gula.
Bill of material harus dikuasai oleh bagian PPIC untuk membuat perencanan produksi, diketahui oleh bagian produksi agar tidak ada kesalahan pada proses produksi dan juga diketahui oleh bagian quality control (QC) agar tidak ada produk defect yang lolos akibat komponen yang kurang. Bill of material merupakan sebuah formula dalam membuat produk.
(baca juga : pengertian 5S / Seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke)
Bill of material memiliki rumus perhitungan tersendiri dalam membuat suatu produk yang menyesuaikan dengan jumlah output yang akan diproduksi. Untuk mempermudah dalam memahaminya, akan saya berikan contoh soal seperti di bawah ini :
Soal
PT. Suka Maju Gak Mau Mundur, tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi sirup. Dalam membuat 1 buah sirup, dibutuhkan bahan baku dan bahan kemas dengan takaran :
Gula = 500 gram
Air = 1000 ml
Zat pewarna = 10 ml
Botol kemasan = 1 pcs
Label kemasan = 1 pcs
Tutup botol = 1 pcs
Tentukan jumlah material yang dibutuhkan untuk membuat 100 buah botol sirup.
(baca juga : metodologi DMAIC untuk penerapan kaizen )
Jawaban :
Jadi, kebutuhan bill of material dari pembuatan 100 buah botol sirup adalah :
Gula = 500 gram x 100 = 50 kg
Air = 1000 ml x 100 = 100 liter
Zat pewarna = 10 ml x 100 = 1 liter
Botol kemasan = 1 pcs x 100 = 100 pcs
Label kemasan = 1 pcs x 100 = 100 pcs
Tutup botol = 1 pcs x 100 = 100 pcs