Senin, 11 Maret 2019

WAREHOUSE (GUDANG)

Warehouse berasal dari bahasa Inggris, dalam bahasa Indonesia berarti gudang. Gudang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan barang. Jadi warehouse dapat diartikan sebagai tempat untuk menyimpan barang sebelum barang tersebut didistribusikan atau dipasarkan.
Dalam industri, gudang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai tempat penyimpanan material produksi dan sebagai tempat penyimpanan barang jadi (hasil produksi). Biasanya dalam suatu industri,pasti memiliki minimal dua gudang yang berbeda yaitu gudang raw material (gudang material produksi) dan gudang finish good (gudang barang jadi).
Selain kedua jenis gudang tersebut, sebenarnya masih ada gudang lain yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan komponen mesin produksi, yaitu gudang sparepart. Penggunaan gudang sparepart memang kurang terlalu diperhatikan dibandingkan gudang raw material atau gudang finish good. Sebab gudang sparepart tidak langsung berpengaruh terhadap kelancaran aliran pembuatan produk. Namun jangan pernah melupakan fungsinya sebagai tempat penyimpanan suku cadang mesin – mesin produksi Bila ada masalah kerusakan komponen pada mesin produksi, kita bisa mengambil spare part cadangan di gudang spare part.
Secara garis besar, gudang memiliki 3 fungsi utama, yaitu :
1. Menerima barang
2. Menyimpan barang
3. Mendistribusikan barang
Untuk menjaga agar barang yang ada di gudang tidak terlalu lama disimpan, maka harus dijalankan metode FIFO (First In First Out).FIFO adalah metode untuk menggerakkan aliran barang yang ada di gudang dengan cara mengeluarkan barang yang pertama kali masuk di gudang. Dengan menggunakan metode FIFO, maka proses aliran barang akan menjadi lebih terkontrol, terutama untuk mencegah terjadinya barang kadaluarsa akibat terlalu lama disimpan di gudang.
(Baca juga materi tentang PPIC)
Salah satu tujuan dari dibangunnya sebuah gudang adalah untuk mengurangi biaya transportasi. Gudang memiliki peranan sebagai sarana koordinasi untuk mengatur demand (permintaan) dan supply (penawaran) pasar. Sebab permintaan pasar akan produk sulit untuk diprediksi, sedangkan penawaran harus selalu dilakukan demi melangsungkan jalannya bisnis perusahaan. Apabila sewaktu - waktu terjadi permintaan pasar yang tinggi, maka gudang mampu untuk memenuhi permintaan tersebut, sebab gudang berfungsi sebagai tempat penyimpanan persediaan barang yang dibutuhkan pasar.
Terima kasih telah mengunjungi blog saya.