Kamis, 07 Maret 2019

TAKT TIME

Takt time adalah waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi unit produk yang diminta pelanggan. Satuan dari takt time adalah menit/unit. Takt time dihitung dari jumlah total permintaan pelanggan yang dikonversikan menjadi kebutuhan waktu dalam memproduksi 1 unit produknya. Dengan kata lain, takt time merupakan kecepatan produksi dalam menghasilkan 1 unit produk.
Cara menghitung takt time
Berikut ini adalah umus untuk menghitung takt time :
T = Ta / D
Keterangan :
T = takt time
Ta = waktu kerja produktif
D = demand (permintaan pelanggan)
Catatan :
Waktu kerja produktif adalah waktu kerja yang benar – benar digunakan untuk bekerja, misalnya dalam 1 hari tersedia 8 jam kerja, maka 8 jam tersebut harus dikurangi dengan waktu non produktif lainnya seperti istirahat, breafing sebelum bekerja, pemanasan mesin dan lain – lain sebesar 60 menit (misalnya). Maka waktu produktif yang tersedia adalah sebanyak 7 jam kerja.
(baca juga : seputar teknik industri)
Contoh soal
PT. GAK MAU BANGKRUT diminta untuk memproduksi 100 unit produk setiap harinya. Jam kerja yang tersedia di perusahaan tersebut adalah 8 jam / hari dengan waktu istirahat 60 menit. Berapakah takt time untuk menghasilkan 1 unit produk?
Diketahui :
TA = 7 jam  430 menit
D = 100 unit
Ditanya :
T = ?
Jawab :
T = Ta / D
T = 430 menit / 100 unit
T = 4,3 menit / unit
Jadi takt time yang dibutuhkan untuk memproduksi 1 unit produk adalah 4,3 menit
Perbedaan takt time dengan cycle time
Banyak yang mengira bahwa takt time dan cycle time adalah sama. Namun sebenarnya keduanya adalah hal yang berbeda. Tact time adalah waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi unit produk sesuai dengan permintaan pelanggan. Sedangkan cycle time adalah waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi 1 unit produk dari awal proses hingga akhir proses.
Cycle time tidak boleh melebihi takt time. Bila cycle time melebihi takt time yang telah ditentukan, maka akan mengakibatkan terjadinya keterlambatan produksi. Dalam banyak kasus cycle time kurang dari takt time.
(baca juga : toyota production system)
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat :).