Minggu, 17 Maret 2019

GUDANG BARANG JADI

Gudang barang jadi adalah sebuah departemen dalam organisasi perusahaan yang bertugas untuk menyimpan barang hasil produksi yang siap untuk dipasarkan. Gudang barang jadi berhubungan erat dengan produksi, PPIC dan marketing dalam proses kerjanya. Hubungan antara gudang barang jadi dengan produksi adalah berkaitan dengan penyimpanan hasil produksi, sedangkan hubungan antara gudang barang jadi dengan marketing adalah berkaitan dengan pengiriman produk yang akan dipasarkan ke customer ataupun distributor.
Bagaimana hubungannya dengan PPIC? Tentu saja ada hubungannya. Hubungan antara gudang barang jadi dengan PPIC yaitu berkaitan dengan informasi stok barang jadi yang disimpan di gudang barang jadi. Mengapa informasi tersebut penting bagi PPIC? Karena PPIC membutuhkan data stok barang jadi yang digunakan untuk membuat rencana produksi. Stok barang jadi yang ada di gudang akan dikalkulasikan dengan data forecasting (peramalan) atau data rencana penjualan yang diterima dari marketing. Bila setelah dikalkulasi oleh PPIC stok masih mencukupi, maka PPIC tidak perlu membuatkan rencana produksi. Apabila apabila stok barang dirasa kurang dalam memenuhi permintaan pelanggan, maka PPIC harus membuatkan rencana produksi untuk barang tersebut.
Untuk lebih memahami tugas dari gudang barang jadi secara umum, bisa dilihat melalui diagram input dan output di bawah ini
Berdasarkan gambar di atas dapat disimpulkan bahwa input dari gudang barang jadi adalah hasil produksi barang jadi dari departemen produksi. Setelah gudang barang jadi menerima hasil produksi, maka bagian gudang barang jadi akan melakukan pencatatan tentang nama barang, jenis barang, jumlah barang, kode produk dan sebagainya untuk keperluan administrasi. Setelah proses administrasi selesai, barang akan disimpan di gudang dan menunggu perintah dari marketing untuk dikirim ke berbagai distributor.
Fungsi gudang barang jadi
Bila dilihat dari tugas dan tanggung jawabnya, gudang barang jadi memiliki fungsi sebagai berikut ini :
1. Sebagai tempat untuk menyimpan barang hasil produksi sebelum dipasarkan.
2. Sebagai tempat untuk menerima informasi tentang stok barang jadi yang berguna untuk membuat keputusan rencana produksi bagi PPIC
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga infomasi ini bermanfaat.