Selasa, 10 November 2020

Pengertian Customer Relationship Management (CRM)


Dalam mengelola bisnis, untuk mencapai profit yang optimal maka perusahaan harus mampu menjual barang kepada pelanggan.  Agar mencapai kesuksesan dalam hal penjualan, sangat diperlukan strategi manajemen dan komunikasi yang matang untuk mengelola hubungan dengan pelanggan.

Customer Relationship Management (CRM) merupakan sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola berbagai interaksi yang terjadi kepada pelanggan maupun calon pelanggan. CRM telah menjangkau banyak bidang dalam organisasi, termasuk di antaranya yaitu bagian penjualan, bagian pemasaran, dan bagian pelayanan pelanggan. Tujuan dari CRM yaitu untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan hubungan agar dapat bertahan lebih lama dengan para pelanggan serta meningkatkan pertumbuhan bisnis dan loyalitas pelanggan.

CRM sering digunakan oleh para sales (tenaga penjualan) dan marketing (pemasaran), karena dapat membantu perusahaan dalam merampingkan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja penjualan dan pemasaran. Melalui CRM, kita dapat mengetahui sebanyak mungkin tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan, untuk selanjutnya memberikan sebuah pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan yang sudah ada. Karena kunci kesuksesan dari bisnis sangat dipengaruhi oleh seberapa jauh kita tahu tentang pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Bila kita tidak bisa memperhatikan pelanggan, maka akan sulit bagi sebuah perusahaan untuk mencapai profitabilitas atau keuntungan. 

(baca juga : pengertian supply chain management)

Setiap bisnis yang dijalankan, hampir selalu ada keluhan dari pelanggan yang merasa kurang puas dengan layanan produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, menjaga hubungan dekat kepada pelanggan adalah suatu keharusan untuk memahami keluhan mereka. Bila pelanggan tidak didengarkan keluhannya, maka mereka akan lari dan mencari produk sejenis dari kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar