Jumat, 23 Agustus 2019

TEORI PROBABILITAS (PROBABILITY)

Pengertian Probabilitas
Probabilitas merupakan ukuran tentang kemungkinan suatu peristiwa (event) yang akan terjadi di masa mendatang. Probabilitas dinyatakan dalam angka antara 0 sampai 1 dengan angka desimal (misalnya: 0,75) atau dalam persentase adalah (75%). Probabilitas yang memiliki nilai 0 menunjukkan bahwa peristiwa yang tidak mungkin terjadi. Probabilitas yang memiliki nilai 1 menunjukkan peristiwa yang pasti terjadi. Probabilitas juga bisa diartikan sebagai peluang suatu kejadian.
 
Manfaat Probabilitas

Dengan mempelajari teori probabilitas, maka sangat membantu untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan, karena kehidupan di dunia tidak ada kepastian, sehingga probabilitas dibutuhkan untuk mengetahui berapa besar kemungkinan peluang suatu peristiwa akan terjadi.
Contoh :
1. Pembelian saham berdasarkan analisis harga saham.
2. Peluang hasil produk baik dan produk cacat yang dihasilkan dari proses produksi
(baca juga : statistika industri)
Pada contoh penerapan teori probabilitas, kita bisa melakukan percobaan pelemparan sebuah uang logam. Dengan pelemparan tersebut kita tidak akan tahu dengan pasti, apakah yang akan muncul sisi depan atau sisi belakang dari uang logam.
Walaupun kejadian tersebut tidak pasti, tetapi kita bisa melihat fakta-fakta yang ada dalam menentukan derajat kepastian ataupun derajat keyakinan bahwa sesuatu akan terjadi. Derajat atau tingkat kepastian atau tingkat keyakinan dari munculnya hasil percobaan statistic disebut probabilitas atau peluang. Dalam teori probabilitas, suatu probabilitas atau peluang dilambangkan dengan huruf P.
(baca juga : pengertian six sigma)
Probabilitas biasanya dinyatakan dengan bilangan desimal (seperti 0,20 ; 0,25 atau 0,50) atau bilangan pecahan (1/5 ; 1/4 atau 1/2). Kembali ke teori tadi, bahwa angka dari probabilitas berkisar antara 0 dan 1. Semakin dekat nilai probabilitas mendekati nilai 0, maka semakin kecil kemungkinan suatu kejadian akan terjadi. Sebaliknya semakin dekat nilai probabilitas mendekati nilai 1, maka semakin besar peluang suatu kejadian akan terjadi.
Dalam teori probabilitas ada 3 hal yang penting dan perlu diperhatikan, yaitu :
1. Percobaan (experiment)
Percobaan merupakan aktivitas yang menghasilkan suatu peristiwa tanpa memperlihatkan peristiwa mana yang terjadi. Misalnya: aktivitas melempar uang logam, maka akan menghasilkan peristiwa muncul gambar atau angka
2. Hasil (out come)
Hasil merupakan output dari percobaan. Misal saat melempar uang logam, maka akan keluar hasil berupa sisi gambar atau angka.
3. Peristiwa (event)
Peristiwa merupakan hasil yang terjadi dari suatu kejadian.

Itulah sekilas pengertian mengenai teori probabilitas, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.