Jumat, 23 Agustus 2019

STATISTIKA INDUSTRI

Statistika adalah suatu metode ilmiah yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengklasifikasi, meringkas, menginterprestasikan, dan menganalisa data guna mendukung pengambilan kesimpulan yang valid sehingga bisa menjadi landasan pengambilan keputusan yang rasional. Dalam pengertian terminologi, statistik di gunakan untuk menyebutkan suatu data yang berupa angka dan menggambarkan karakteristik suatu sampel. Dari pengertian inilah kemudian muncul pengertian - pengertian seperti statistik kerusakan mesin, statistik kecelakan lalu lintas, statistik kegagalan produk dan lain-lain.
Ada dua macam statistika, yaitu statistika deskriptifdan statistika inferensial.
1. Statistika deskriptif berkenaan dengan bagaimana data dapat digambarkan dideskripsikan) atau disimpulkan, baik secara numerik (misalnya menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik), untuk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut, sehingga lebih mudah dibaca dan bermakna.
2. Statistika inferensial berkenaan dengan permodelan data dan melakukan pengambilan keputusan berdasarkan analisis data, misalnya melakukan pengujian hipotesis, melakukan estimasi pengamatan masa mendatang (estimasi atau prediksi), membuat permodelan hubungan (korelasi, regresi, ANOVA, deret waktu), dan sebagainya.
Pada dasarnya istilah ’statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan kata ’statistik’ (statistic), sedangkan statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Sebagian besar konsep dasar statistika adalah mengasumsikan tentang teori probabilitas.
Beberapa istilah dalam statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas. Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri).
Di dalam ilmu teknik industri, statistika digunakan untuk membantu menganalisa dan menyelesaikan masalah seperti berapa persentase produk cacat akibat kesalahan proses. Apa penyebab yang paling tinggi dari produk cacat, bisa dianalisa dengan diagram pareto. Bagaimana trend produk yang menyimpang per hari, bisa disajikan dengan analisa statistic process control.
(baca juga : teori probabilitas)
Statistika juga bisa digunakan dalam pemerintahan untuk mendukung berbagai macam tujuan seperti; sensus penduduk. Aplikasi statistika lain yang cukup populer adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count.