PIE merupakan salah satu konsep manajemen yang paling sederhana dan mudah dipahami. Karena kemudahan inilah banyak organisasi perusahaan yang menggunakan strategi tersebut guna mencapai tujuan dan target.
(Baca juga : pengertian POLC / planning, Organizing, leading, Controlling)
Berikut ini merupakan tahapan - tahapan dalam konsep PIE :
1. Planning
Planning atau perencanaan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menentukan target atau fokus yang hendak dicapai. Fungsi dari planning yaitu agar organisasi tidak salah arah dan fokus terhadap satu permasalahan saja.
2. Implementation
Implementation atau pelaksanaan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk melaksanakan hal - hal apa saja yang sudah direncanakan untuk dilakukan.
3. Evaluation
Evaluation atau evaluasi adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menentukan apakah hal - hal yang sudah dilakukan pada tahap implementasi sudah sesuai dengan harapan atau tidak. Jika tidak sesuai dengan harapan, maka bisa dilakukan perbaikan kembali pada tahap implementasi agar hasilnya tercapai.
(Baca juga : 8 langkah dalam pemecahan masalah)
Itulah sekilas pengertian mengenai konsep PIE. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
sangat membantu
BalasHapus