Jumat, 23 Oktober 2020

PENGERTIAN KERJA BANGKU

Kerja Bangku merupakan pekerjaan perkakas tangan yang di gunakan untuk melakukan pembentukan, perbaikan dan perakitan yang sesuai dengan masing-masing fungsi peralatan tangan dengan mesin dan dilakukan di atas meja kerja (work bench). Contoh dari kerja bangku di antaranya yaitu mengikir, mengetap, menggerinda, menggergaji, menekuk, mengebor, menggambar dan  sebagainya. 

Sebelum melakukan pekerjaan kerja bangku, terlebih dahulu kita harus mengetahui dan memahami tentang fungsi - fungsi alat ukur. Contohnya seperti mistar baja, jangka sorong, rolmeter, mikrometer dan sebagainya.

(Baca juga : proses manufaktur)

Berikut merupakan beberapa jenis pekerjaan yang termasuk dalam kerja bangku :

1. Mengikir
Mengikir adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara menyayat benda kerja sehingga benda tersebut mencapai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Untuk melakukan proses mengikir dibutuhkan alat yang disebut dengan kikir.

2. Memahat
Memahat adalah kegiatan untuk mengurangi volume suatu benda padat secara drastis. Proses pemahatan dilakukan dengan alat yang disebut sebagai pahat (chisel). 

3. Menggergaji
Menggergaji adalah kegiatan memotong benda padat. Penggergajian dilakukan dengan perkakas yang disebut sebagai gergaji (saw). Pada material kayu, penggergajian dilakukan dengan handsaw. Sedangkan pada material logam, penggergajian dilakukan dengan hacksaw.

4. Menggambar
Menggambar adalah kegiatan memberi tanda atau menggores suatu bentuk pada benda kerja. Kegiatan ini selalu dilakukan sebelum anda memotong suatu benda. Alat yang dapat digunakan untuk menggambar antara lain: penggores, penitik, mistar, pensil, kapur, dll.


Kerja bangku memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah sebagai berikut : 

1. Hemat energi. 
2. Dapat dilakukan di mana saja tanpa harus memikirkan sumber listrik 
3. Dapat menjangkau posisi-posisi yang sulit. 
4. Biaya pengerjaan murah. 
5. Lebih ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar