Jumat, 23 Oktober 2020

Mengapa Teknik Industri Perlu Belajar Teori Probabilitas?

Pada artikel kali ini kita akan membahas hubungan antara belajar teori probabilitas dengan teknik industri. Memang secara tidak langsung kedua ilmu tersebut seperti tidak saling berkaitan. Namun pada dasarnya, teori probabilitas bisa mengajak kita sebagai untuk berfikir secara rasional dalam mengambil suatu keputusan.

Teknik industri adalah ilmu yang menggabungkan antara matematika, komputer dan ilmu sosial untuk mengelola manusia, mesin, material, dan metode terbaik agar terjadi efisiensi proses sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berbicara tentang ilmu matematika, tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya rasio. Rasio adalah pembanding di antara 2 hal yang berbeda. Rasio ini merupakan logika sederhana untuk mengetahui tingkat seberapa besar atau kecil, banyak atau sedikit dari sesuatu yang kita analisa.

Teori probabilitas adalah salah satu bagian dari ilmu matematika yang mempelajari tentang peluang atau kesempatan terjadinya sesuatu. Misalnya pada uang koin, terdapat dua gambar yang berbeda. Gambar pertama adalah burung, dan gambar kedua adalah angka. Teori probabilitas mempelajari tentang kesempatan munculnya salah satu gambar tersebut. Masing - masing gambar (antara gambar burung dan angka) jika dilempar memiliki peluang muncul yang sama, yaitu 0.5 untuk gambar burung dan 0.5 untuk gambar angka.

Teori probabilitas juga berguna untuk diaplikasikan di dunia industri (pabrik). Biasanya digunakan untuk menghitung analisa sederhana. Pada departemen produksi dan kualitas, teori probabilitas digunakan untuk menghitung perbandingan antara cacat produk (defect) yang terjadi dengan total produksi yang dihasilkan. Perhitungan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa parahkah kegagalan produk yang terjadi. Rumus sederhananya adalah sebagai berikut ini :

Persentase defect = (jumlah defect / jumlah produksi) x 100%

Selain itu, teori probabilitas juga bisa digunakan untuk menghitung performa mesin (analisa OEE), salah satunya untuk menghitung persentase keandalan mesin seperti berikut ini :

Persentase availability = (waktu mesin loading / total waktu yang tersedia) x 100%

Dalam teknik industri, teori probabilitas diibaratkan untuk membantu kita dalam berfikir secara logika atau rasional. Dengan ilmu matematika yang sederhana membandingkan 2 hal yang berbeda untuk diambil suatu tindakan dari perhitungan tersebut. Teori probabilitas bisa disebut sebagai teori yang mempelajari tentang peluang, kesempatan, atau kemungkinan terjadinya sesuatu dengan satuan berupa desimal, ataupun persentase.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika dirasa bermanfaat silahkan share.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar