Sabtu, 23 Februari 2019

KANBAN

Kanban adalah kartu perintah produksi. Kanban berasal dari bahasa jepang yang berarti sinyal visual atau kartu. Kanban pertama kali digunakan di perusahaan toyota untuk membantu kelancaran proses produksi Just In Time (JIT). Para pekerja di bagian produksi di perusahaan toyota menggunakan kartu kanban sebagai pedoman untuk proses manufakturing. Kanban merupakan sistem yang sifatnya visual, hanya bermodalkan lembar kartu namun sangat vital kegunaannya. Dengan bantuan kanban, tim produksi lebih cepat dan mudah dalam berkomunikasi untuk menentukan pekerjaan apa yang harus dikerjakan saat ini.
Berikut ini adalah fungsi kanban pada proses manufacturing :
1. Kanban sebagai kartu visualisasi alur kerja
Dengan bantuan kanban, pekerjaan akan lebih mudah untuk dilakukan. Sebab kanban menjelaskan proses yang harus dilalui dalam melakukan assembly (perakitan). Misalnya, dalam membuat kipas angin, kanban menjelaskan bahwa proses pertama adalah memasang PCB ke dalam badan kipas, kemudian pada proses kedua adalah memasang baling – baling, proses ketiga adalah memasang baut – baut pada badan kipas, dan seterusnya. Kanban akan menjadi panduan dalam melakukan proses perakitan seperti nama produk, proses yang akan dilalui dalam membuat produk, hingga menjadi produk yang bernama kipas angin.
2. Kanban mencegah terjadinya over processing (proses yang sia –sia)
Dengan bantuan kanban, lini produksi akan jelas arah prosesnya, sehingga tidak ada proses yang sia – sia. Setiap proses yang mengacu pada kanban, pasti akan tepat dan efisien sehingga kanban mencegah terjadinya over processing yang termasuk dalam 7 waste yang harus dihilangkan dalam lean manufacturing
3. Kanban membantu dalam ketepatan delivery (pengiriman)
Dengan bantuan kanban, tentunya setiap proses yang dilakukan sudah sesuai dengan arahan. Oleh karena itu, kesalahan operator dalam melakukan proses perakitan dapat diminimalisasi, sehingga produk yang dibuat akan selesai sesuai dengan rencana pengiriman. Dalam hal ini, kanban telah menjadi kunci dari tercapainya just in time (produksi tepat waktu)
Kanban bisa dikatakan sebagai alat untuk mencapai just in time (JIT). Dengan menggunakan kartu kanban, kita secara tidak langsung telah menerapkan model pull system (sistem tarik). Pull system berprinsip bahwa dalam membuat suatu produk, kita harus membuat produk yang hanya diminta oleh pelanggan, berapa jumlah yang diminta oleh pelanggan, dan kapan produk itu akan diminta oleh pelanggan, tanpa membuat stok barang.
''Ingin membaca materi teknik industri lainnya?'' klik daftar materi teknik industri
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.