Jumat, 22 Februari 2019

JUST IN TIME (JIT)



Just In Time (JIT) adalah sistem produksi tepat waktu. Just in time merupakan salah satu pilar dari konsep Toyota Production System (TPS) selain Jidoka. Just in time mengupayakan agar apa yang diproduksi dapat diterima oleh pelanggan secara tepat waktu dengan membuat segala proses yang ada di dalamnya menjadi efisien. Just in time berusaha untuk menghilangkan proses yang sia - sia agar produksi sesuai dengan rencana dan berdampak pada pengiriman pesanan ke pelanggan menjadi tepat waktu. Untuk bisa mememenuhi permintaan pelanggan tersebut, kita harus mampu menghitung takt time.
Konsep just in time cukup sederhana, yaitu kita tidak perlu membuat produk yang berlebihan yang disimpan di gudang jadi. Motto dari just in time adalah hanya membuat produk yang diminta pelanggan, hanya membuat ketika diminta pelanggan, dan membuat sesuai dengan jumlah yang diminta oleh pelanggan.
Dengan hanya membuat produk yang diminta pelanggan, tentu saja just in time dapat menghilangkan segala pemborosan dalam prosesnya. Seperti kelebihan output produksi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga secara tidak sadar kita telah membuang waktu, tenaga, dan biaya untuk produksi yang sia – sia.
Dalam penerapan just in time, ada suatu alat dapat membantu kita untuk mempermudah pengaplikasiannya. Nama alat tersebut adalah ‘’kanban’’. Kanban adalah kartu perintah produksi yang berisi tentang nama produk, jumlah produk yang dibuat, dan proses aliran perakitannya (assembly process) ke mesin mana saja. Setiap proses harus didasarkan pada kartu kanban dan harus patuh dengan apa yang tertulis di dalamnya, karena kanban berfungsi sebagai media untuk perintah produksi.
Konsep just in time dipelopori oleh seorang berkebangsaan jepang bernama Taiichi Ohno untuk perusahaan Toyota. Kemudian telah diadopsi oleh perusahaan – perusahaan di jepang dan perusahaan dunia sebagai solusi untuk menerapkan lean manufacturing (manufaktur ramping).
Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat :)