Minggu, 07 April 2019

REUSE, REDUCE, RECYCLE (3R)


Reuse, reduce, recycle
atau 3R adalah prinsip yang digunakan dalam mengelola sampah agar sampah dapat tertangani dengan baik. Pengelolaan sampah telah menjadi masalah tersendiri dalam kehidupan sehari – hari. Bila tidak dikelola secara baik, sampah dapat mengotori lingkungan hidup dan mengganggu kelestarian alam sekitar. Sebenarnya sampah bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bila kita mampu menggunakannya kembali sebagai bahan baku produksi. Misalnya sampah kertas bisa digunakan sebagai bahan pembuatan kertas yang baru. Hal ini tentu saja lebih ramah lingkungan daripada kita menebang pohon untuk dijadikan bahan baku pembuatan kertas.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai prinsip 3R :
1. Reuse
Reuse artinya menggunakan sampah yang telah dihasilkan untuk diproses lagi secara berulang – ulang. Contoh dari reuse adalah pemanfaatan sampah kertas sebagai bahan baku untuk memproduksi kertas yang baru
2. Reduce
Reduce artinya mengurangi sampah sebanyak mungkin dengan cara menghemat pemakaian barang. Contoh dari reduce adalah ketika berbelanja membawa tas belanja sehingga dapat mengurangi pengunaan sampah plastik
3. Recycle
Recycle artinya mendaur ulang sampah untuk dimanfaatkan ke hal yang lain. Contoh dari recycle adalah penggunaan sampah plastik untuk diproses menjadi bahan baku pembuatan paving.
(baca : seputar teknik industri)
Prinsip 3R sangat bermanfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Oleh karena itu, setiap ada sampah kita harus ingat tentang prinsip 3R, reuse, reduce, recycle. Dalam memilah sampah yang hendak digunakan kembali, maka kita perlu melakukan sortir dulu sampahnya (seiri), lalu kita susun atau kita kumpulkan sampahnya (seiso), kemudian bila perlu kita bersihkan sampahnya (seiton). Budaya ini dikenal dengan 5S (seiri, seiso, seiton, seiketsu, shitsuke) dalam bahasa jepangnya, atau 5R dalam bahasa indonesianya.
Konsep 5S bisa diterapkan sebelum menjalankan prisip 3R. Sebab, 5S adalah merupakan pondasi dasar untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja. Jika 5S da 3R berhasil dilakukan dengan benar, maka kita dapat merasakan efisiensi yang luar biasa dalam hal penggunan bahan baku untuk produksi.
Terima kasih telah mengunjungi blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
(baca juga : cara mencegah dan mengobati penularan virus corona sesuai sunnah nabi)