Senin, 26 Oktober 2020

Daftar 7 Universitas Negeri Dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik Di Indonesia



Berbicara masalah kuliah, salah satu jurusan yang menjadi primadona bagi para calon mahasiswa adalah jurusan teknik industri. Diperkirakan jurusan ini masih memiliki banyak peminat, dikarenakan geliat investasi perusahaan asing yang mendirikan perusahaannya di Indonesia semakin ramai. Sebut saja perusahaan asal Jepang dengan industri otomotifnya, Korea Selatan dengan industri otomotif, elektronik, garment, dan sepatunya, Cina dengan industri makanan dan minumannya, Eropa dengan industri furniture-nya, dan lain - lain.

Kurikulum jurusan teknik industri pun telah disesuaikan dengan permintaan industri. Misalnya, perusahaan toyota yang terkenal dengan sistem produksi Toyota, dalam teori dan praktikum perancangan teknik industri telah banyak diajarkan di beberapa kampus di tanah air. Seperti konsep just in time, Jidoka, Kanban, 5S, line balancing, dan sebagainya. 

Banyak universitas negeri dan swasta di tanah air yang membuka program studi teknik industri dan telah memiliki akreditasi A. Dengan akreditasi tersebut, setiap kampus yang memiliki akreditasi A menjadi kampus favorit bagi para calon mahasiswa. 

(Baca juga : kemampuan yang harus dimiliki oleh para sarjana teknik industri)

Berikut ini merupakan daftar 10 kampus dengan jurusan teknik industri terbaik di Indonesia tahun 2020 :

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung atau di kenal dengan nama ITB menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Salah satu fakultas favoritnya yaitu Fakultas Teknologi Industri, dan program studi teknik industri di ITB ini menjadi jurusan yang terbaik.

2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Kampus ITS terletak di kota Surabaya, dan menjadi perguruan tinggi favorit bagi para calon mahasiswa. Para alumninya pun banyak berkarir di industri besar baik BUMN maupun swasta. Tidak heran jika jurusan teknik industri di kampus ini diincar banyak orang.

3. Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia merupakan kampus paling bergengsi di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan status universitas negeri ditambah dengan nama Indonesia, menggambarkan bahwa kampus ini merupakan kampus kebanggaan bangsa Indonesia. Tidak diragukan lagi, jurusan teknik industrinya pun banyak diincar oleh para calon mahasiswa di seluruh tanah air.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro merupakan kampus negeri terbesar yang berada di provinsi Jawa Tengah. Jurusan teknik industri di kampus ini sudah dilengkapi laboratorium perancangan teknik industri yang kurikulum dan peralatan praktikumnya telah didukung oleh perusahaan otomotif raksasa Toyota. Kampus ini menjadi favorit saya, karena saya adalah salah satu alumni UNDIP jurusan teknik industri, hehe.

5. Universitas Gajah Mada (UGM)

Kampus ini terletak di kota Yogyakarta. Jika Undip adalah kampus negeri terbesar di Jawa Tengah, maka UGM adalah kampus negeri terbesar di Yogyakarta. Banyak alumni UGM yang bekerja di perusahaan BUMN maupun manufaktur swasta terkenal di Indonesia yang menduduki jabatan penting. Oleh sebab itu, jurusan teknik industri masih menjadi favorit bagi para calon mahasiswa.

6. Universitas Brawijaya
Kampus ini terletak di kota malang, dan menjadi salah satu kampus negeri terbesar di provinsi Jawa timur. Jurusan teknik industri di kampus ini masih menjadi favorit para calon mahasiswa. Banyak alumni dari jurusan teknik industri kampus tersebut yang bekerja di perusahaan swasta asing. Salah satunya adalah rekan kerja sekantor saya, hehe.

7. Universitas Airlangga
Kampus ini terletak di kota Surabaya dan menjadi salah satu kampus terbesar di Jawa timur selain ITS dan Universitas Brawijaya. Jurusan teknik industri di kampus ini juga cukup ramai peminatnya.

Itulah 7 kampus negeri dengan jurusan teknik industri terbaik di Indonesia pada tahun 2020. Semoga informasi pada artikel ini bisa bermanfaat.







2 komentar: