Senin, 26 Oktober 2020

SOFTWARE SOLIDWORKS


Solidworks merupakan salah satu CAD software yang dibuat oleh Dassault Systemes yang digunakan untuk merancang atau menyusun part permesinan yang berupa assembling dengan tampilan 3D. SolidWorks diperkenalkan pada tahun 1995 sebagai pesaing untuk program CAD seperti Pro / ENGINEER, NX Siemens, I-Deas, Unigraphics, Autodesk Inventor, Autodeks AutoCAD dan CATIA dengan harga yang lebih murah. 

SolidWorks Corporation didirikan pada tahun 1993 oleh Jon Hirschtick, dengan merekrut tim insinyur untuk membangun sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak CAD 3D, dengan kantor pusatnya di Concord, Massachusetts, dan merilis produk pertama, SolidWorks 95, pada tahun 1995. 

Dewasa ini banyak industri manufaktur yang telah memakai software ini. Menurut informasi wiki, Solidworks saat ini digunakan oleh lebih dari 3 / 4 juta insinyur dan desainer di lebih dari 80.000 perusahaan di seluruh dunia. 

Keunggulan solidworks dari software CAD yang lain adalah solidworks mampu menyediakan sketsa 2D yang dapat diupgrade menjadi bentuk 3D. Selain itu pemakaiannya pun mudah karena memang dirancang khusus untuk mendesai benda sederhana maupun yang rumit sekali pun. Hal ini yang membuat solidworks menjadi populer dan menggeser ketenaran software CAD lainnya.

(baca juga : software autocad)

Solidworks telah dipakai oleh banyak orang untuk membantu desain benda atau bangunan sederhana hingga yang kompleks. Solidworks banyak digunakan untuk merancang roda gigi, mesin mobil, casing ponsel dan lain-lain. Fitur yang tersedia dalam solidworks lebih easy-to-use dibanding dengan aplikasi CAD lainnya. Solidworks sangat disarankan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di jurusan teknik sipil, teknik industri dan teknik mesin . Sebab,  penggunaan solidworks lebih cepat dibandingkan dengan vendor-vendor software CAD yang lain.

(baca juga : software CATIA)


Spesifikasi Minimal Hardware Pada Komputer

Berikut ini adalah spesifikasi minimal hardware yang digunakan untuk aplikasi software solidworks.

System Operasi WIN XP,Vista, Seven

* Processor Pentium 4, Intel XEON, Intel Core, AMD Athlon, AMD Turion, AMD Phenom. (2,5 GHz atau lebih)

* RAM min 1GB (Disarankan 2GB)

* VGA Card 256 MB (Disarankan 512MB atau lebih)

* HardDisk lebih dari 5 GB

* DVD Room


Tidak ada komentar:

Posting Komentar