Rabu, 21 Oktober 2020

MANAJEMEN KEUANGAN (FINANCIAL MANAGEMENT)

Dalam kehidupan sehari - hari, tentunya kita pandai untuk mengatur keuangan yang kita miliki. Berapapun penghasilan yang kita dapatkan harus lebih besar daripada pengeluaran untuk kebutuhan sehari - hari. Hal itu berlaku juga untuk pengaturan keuangan di perusahaan.

Manajemen keuangan merupakan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan pengelolaan dana dan pengalokasian dana  demi mencapai tujuan utama dalam perusahaan. 

Manajemen keuangan mempunyai kepentingan tentang bagaimana cara untuk menciptakan serta menjaga nilai ekonomis suatu perusahaan. Keberadaan manajemen keuangan sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena manajemen keuangan mengatur semua aset yang dimiliki oleh perusahaan agar tidak terjadi pemborosan biaya kepengurusan. 

(Baca juga : supply chain management)

Tujuan manajemen keuangan yaitu untuk meminimalkan biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka perusahaan bisa memilah mana saja yang menjadi prioritas untuk pembelian dan mana saja yang tidak perlu atau ditahan untuk membeli. Sehingga tidak terjadi pemborosan biaya.

(Baca juga : pengertian manajemen & sejarah manajemen)

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar