Minggu, 18 Oktober 2020

MANAJEMEN STRATEGIS

Dalam usaha untuk melangsungkan aktivitas bisnis suatu perusahaan, dibutuhkan suatu strategi yang jitu untuk melancarkan bisnis perusahaan. Keputusan - keputusan yang bisa mendukung kelancaran bisnis suatu perusahaan perlu diatur secara baik dan terorganisir. Oleh karena itu diperlukan suatu ilmu untuk mengatur keputusan - keputusan manajemen tersebut.

Manajemen strategis merupakan seni atau ilmu untuk menyusun, menerapkan, dan mengevaluasi keputusan - keputusan yang diperlukan dalam kebijakan organisasi.

Manajemen strategis berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tujuan organisasi. 

Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis. 


Terdapat tiga tahapan dalam manajemen strategis, antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Perumusan strategi
Pada tahap ini merupakan proses perumusan misi, mengidentifikasi peluang dan tantangan eksternal, serta mengambil keputusan strategis pilihan.

2. Pelaksanaan strategi
Pada tahap ini merupakan proses pelaksanaan dari rencana strategi, mengelola kebijakan dan semua sumber daya, serta memotivasi pegawai untuk membangun budaya yang mendukung strategi.

3. Evaluasi strategi
Pada tahap ini, semua kegiatan yang dilaksanakan guna untuk mencapai tujuan dari misi organisasi di evaluasi untuk mengetahui apakah hasilnya sesuai dengan harapan atau tidak.

(baca juga : manajemen proyek)

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar