Suatu bisnis yang sedang berdiri dan berkembang pasti menginginkan adanya pelanggan yang setia dalam berlangganan membeli produknya. Baik bisnis tersebut berskala besar, kecil, ataupun menengah, sama - sama berharap memiliki pelanggan yang tetap. Agar bisnis bisa bertahan dan bersaing dengan perusahaan yang lainnya, maka perusahaan perlu menjaga konsitensi kualitas produknya untuk menghindari customer complaint.
Customer complaint atau keluhan pelanggan adalah ketidakpuasan pelanggan terhadap produk yang ditujukan kepada perusahaan yang membuatnya. Biasanya keluhan tersebut disebabkan karena buruknya kualitas produk yang diterima oleh customer setelah barang dikirim.
Departemen yang bertugas menerima customer complaint adalah departemen Quality Assurance (QA). Pada beberapa kasus, QA akan menerima complaint dari customer melalui email ke perusahaan. Namun, terkadang juga complaint tersebut diterima langsung melalui telpon ataupun pesan singkat WhatsApp.
Setelah QA menerima complaint dari customer, maka selanjutnya QA akan menyampaikannya kepada bagian produksi. Selanjutnya QA dan produksi akan berdiskusi mengenai penyebab buruknya kualitas produk yang dihasilkan, sehingga menyebabkan keluhan dari customer. Perlu dilakukan pengecekan terhadap proses produksi, jika ada kondisi yang tidak wajar terhadap prosesnya.
Bagaimanapun kualitas adalah yang utama. Oleh karena itu, satu - satunya cara agar perusahaan tetap mendapatkan kepercayaan dari pelanggan yaitu selalu menjaga kualitas produk.
Itulah pengertian mengenai customer complaint, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar