Rabu, 27 Maret 2019

LAMPU ANDON

Andon berasal dari bahasa jepang yang artinya lampu lentera tradisional yang terbuat dari kertas. Saat ini pengertian mengenai lampu andon telah bergeser seiring dengan perkembangan teknologi manufacturing. Dalam lingkup industri manufaktur, lampu andon dapat diartikan sebagai sistem peringatan kepada pekerja mengenai masalah yang sedang terjadi di proses produksi.
Lampu andon dapat memberitahukan bahwa sedang ada masalah di stasiun kerja. Ketika lampu andon menyala merah dan berbunyi, maka teknisi, team leader atau orang yang bertanggung jawab terhadap kelancaran produksi akan mendatangi lokasi tersebut. Mereka akan menganalisa masalah yang telah mengganggu kelancaran produksi. Setelah mengetahui masalah tersebut, mereka akan memperbaikinya pada saat itu juga. Bila masalah telah teratasi, lampu akan dikembalikan ke warna hijau yang berarti mesin sudah berjalan normal.
(baca : seputar teknik industri)">seputar teknik industri)
Pada umumnya lampu andon memiliki 3 warna, yaitu :
1. Warna merah = menandakan mesin berhenti dan terjadi masalah
2. Warna kuning = menandakan mesin sedang standby (siap berjalan)
3. Warna hijau = menandakan mesin sedang berjalan
Lampu andon merupakan bagian dari penerapan jidoka, yang merupakan pilar dari toyota production system. Lampu andon membantu dalam menghentikan masalah agar masalah tersebut tidak terjadi berlarut – larut. Tujuan akhir dari pemasangan lampu andon yaitu agar kualitas produk tetap terjaga (quality). Untuk mencegah terjadinya defect (cacat) pada produk, maka harus dilakukan secara dini di setiap prosesnya. Caranya yaitu dengan memasang lampu peringatan seperti lampu andon pada setiap stasiun kerja. Setiap terjadi masalah ataupun kondisi proses yang tidak normal pada stasiun kerja, lampu andon berfungsi sebagai alat otomasi quality control.
Lampu andon banyak digunakan di industri yang menerapkan model lean manufacturing. Hal itu bisa dimaklumi karena model lean manufacturing dibuat untuk menghilangkan segala bentuk waste (pemborosan). Waste (pemborosan) tersebut perlu dihilangkan agar berdampak pada peningkatan efisiensi. Dan lampu andon merupakan salah satu solusi untuk membantu dalam penerapan lean manufacturing.