Selasa, 21 Mei 2019

ERGONOMIC (ERGONOMI)

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia dengan pekerjaannya untuk menghasilkan sistem kerja yang optimal. Ergonomi berasal bahasa Yunani, yaitu ergon dan nomos. Ergon berarti kerja, dan nomos berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Peran seorang ergonom sangat diperlukan untuk mendukung program kesehatan dan keselamatan kerja (K3)
Tujuan utama dari diterapkannya ergonomi yaitu untuk memahami atau memperoleh pengetahuan mengenai interaksi antara manusia dengan segala hal yang ada di sekitar manusia terkait dengan pekerjaan adar dapat mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan performa keseluruhan pada sistem kerja.
Contoh Penerapan Ergonomi Pada Pekerjaan
1. Kasus pekerja kantoran bekerja di meja komputer
Ketika kita bekerja dengan menggunakan komputer (misalnya mengetik), tentu perlu memperhatikan desain meja, kursi dan jarak pandang terhadap monitor.
Bila desain meja terlalu rendah dari kursi, maka yang terjadi kita akan mengetik dengan cara membungkuk. Hal ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap kelelahan pada tulang punggung, yang berakibat nyeri. Oleh karena itu desain meja dan kursi perlu diperhatikan agar dalam mengetik kita tidak dalam kondisi membungkuk.
Jarak pandang dengan monitor juga perlu diperhatikan,agar tidak terlalu dekat dengan mata. Karena dapat menimbulkan kelelahan pada mata, sehingga dapat merusak daya penglihatan.
(baca : seputar teknik industri)
2. Kasus pada pekerja bangunan
Ketika kita mengangkat batu bata dengan jumlah tertentu dengan tangan kosong, terkadang kita lupa tata cara dalam mengangkatnya. Pada kebanyakan kasus para pekerja bangunan mengambil batu bata di tanah dengan cara membungkukkan badan sambil berdiri. Hal ini tentu saja tidak bisa dibenarkan, sebab dapat menyebabkan sakit pada tulang belakang akibat titik tumpu benda kerja berpusat pada tulang belakang. Penanganannya yaitu ketika mengangkat batu bata harus bertumpuan pada lutut kaki. Pengangkatan batu bata harus dilakukan dalam posisi jongkok, sehingga titik tumpu beban kerja berada di lutut kaki, bukan pada tulang punggung.
(baca juga : analisa perancangan kerja)
Manfaat Penerapan Ergonomi
1. Kerja menjadi meningkat dalam hal kecepatan dan ketepatan,
2. Hemat energi saat bekerja.
3. Efisiensi waktu kerja karena meningkatnya kecepatan kerja
4. Meningkatkan kenyamanan karyawan dalam bekerja.
(baca juga : cara mencegah dan mengobati penularan virus corona sesuai sunnah nabi)