Rabu, 04 September 2019

NOMINAL GROUP TECHNIQUE (NGT)

Nominal Group Technique (NGT) adalah suatu metode untuk mencapai konsensus dalam suatu kelompok dengan cara mengumpulkan ide-ide dari setiap peserta kemudian memberikan voting dan ranking terhadap ide-ide yang mereka pilih. Ide yang dipilih adalah yang paling banyak skor-nya.
Nominal Group Technique (NGT) merupakan sebuah quality tools yang bertujuan untuk mengambil keputusan terbaik. Dalam ilmu manajemen, metode ini bisa dimanfaatkan untuk mencari solusi permasalahan, hingga memilih ide pengembangan produk yang baru.
Metode ini bisa menjadi salah satu alternatif brainstorming, hanya saja konsensus dapat tercapai lebih cepat. Delbecq dan VandeVen adalah penemu dan pengembang metode NGT, yang kemudian diaplikasikan untuk perencanaan program pendidikan untuk orang dewasa oleh Vedros.
NGT cocok diaplikasikan ketika tim mempunyai pendapat dan perspektif yang berbeda-beda mengenai suatu masalah. Bila membutuhkan konsensus cepat, NGT cocok digunakan dibandingkan dengan brainstorming yang memakan waktu lebih lama.
Langkah - langkah dalam menerapkan metode NGT Ada 5 langkah dalam menerapkan metode NGT, di antaranya adalah sebagai berikut :
1. Introduction
Pada tahap ini moderator membuka sesi NGT dan menjelaskan tujuan serta prosedur
2. Generating Ideas
Pada tahap ini mediator mengajukan pertanyaan tentang masalah yang terjadi ke kelompok yang tertulis di kertas. Setiap peserta diminta untuk menuliskan seluruh ide yang muncul.
3. Sharing & Recording Ideas
Pada tahap ini mediator meminta peserta untuk berbagi ide-ide yang sudah mereka tulis di kertas. Kemudian moderator menuliskan ide-ide tersebut di papan tulis.
4. Discussing Ideas
Pada tahap ini peserta diminta oleh moderator untuk memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai ide-ide yang telah dikemukakan. Masing - masinh peserta dipersilahkan mengajukan komentar ataupun pertanyaan mengenai ide-ide tersebut.
Moderator bertugas untuk memastikan bahwa masing - masing peserta dapat berkontribusi dalam diskusi dan menjaga proses agar tetap netral tanpa serangan ke pihak tertentu. Selain itu moderator juga bertugas supaya seluruh ide dapat dibahas secara menyeluruh, dan tidak terpaku pada beberapa ide saja.   
5. Voting and Ranking on Ideas
Pada tahap ini, setiap peserta dipersilahkan memberikan voting terhadap ide-ide yang ada. Moderator akan menentukan terlebih dahulu kriteria-kriteria yang digunakan untuk voting ide. Misalnya masing - masing peserta diminta untuk memilih 5 ide terbaik dari seluruh daftar yang ada, kemudian mereka harus memberikan ranking prioritas bagi tiap ide tersebut. Angka 1 untuk ide yang kurang penting, Sedangkan angka 5 untuk ide yang paling penting. Ide yang memiliki skor tertinggi merupakan ide disepakati bersama oleh kelompok.

Itulah sekilas pengertian mengenai metode nominal group technique (NGT), terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.