Rabu, 14 Oktober 2020

MESIN CNC

Di dunia industri manufaktur, keberadaan mesin - mesin canggih sangat diharapkan kehadirannya untuk memenuhi kebutuhan produksi. Pada era industri 4.0 sekarang ini, penggunaan kolaborasi teknologi antara mesin, komputer dan internet sangat diperlukan demi kesuksesan dan kelancaran produksi. 

Salah satu jenis mesin yang sering digunakan di industri manufaktur dewasa ini adalah mesin CNC. Mesin CNC (Computer Numerical Control) adalah mesin yang digunakan untuk membuat komponen engineering dalam jumlah yang besar secara cepat dengan bantuan program komputer. Setiap pengerjaan dari CNC sendiri menggunakan sistem komputer yang telah terbentuk dengan baik hingga menghasilkan barang yang akurat sesuai dengan presisi.

Contoh proses produksi yang menggunakan program CNC yaitu pada pembuatan part - part atau komponen seperti mur, baut, sekrup dan lain sebagainya. Terdapat ukuran yang baku atau presisi yang harus digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan memanfaatkan mesin CNC, Pengerjaan produk - produk yang bersifat engineering menjadi lebih efisien dari pada pengerjaan dengan tenaga manual manusia.

(baca juga : mesin bubut)

Pada mesin CNC terdapat program komputer yang digunakan untuk memproses menggambar atau membuat desain komponen yang ingin diproduksi. Gambar tersebut kemudian dibaca oleh mesin CNC. Kemudian secara otomatis mesin akan memproses komponen tersebut menjadi produk.

Keunggulan dari mesin CNC adalah setiap program yang ada disimpan di dalam memori komputer. Programmer yang bertugas kemudian dapat dengan mudah menulis kode, dan mengedit program sesuai persyaratan. Program-program ini dapat digunakan untuk bagian yang berbeda dan tidak perlu diulang lagi.

Mesin CNC dapat bekerja seperti robot, di mana cukup dengan program yang kita masukan. Maka, mesin akan mampu memproses pekerjaan dengan sendirinya.

(baca juga : pengertian proses manufaktur)

Jenis - jenis mesin CNC :

1. Mesin CNC Milling

Proses milling adalah proses memotong dan mengebor material dari bahan kayu atau logam. Perbedaan yang utama antara mesin milling dengan mesin bor adalah kemampuan dalam memotong sudut yang berbeda dan bergerak di sepanjang sumbu yang berbeda.   

2. Mesin CNC Bubut

Mesin bubut merupakan salah satu mesin potong untuk memotong bahan baku dari logam atau kayu dengan cara memutarkan benda kerja yang akan dipotong. Prinsip kerjanya adalah benda kerja dicekam oleh chuck dan berputar sedangkan pahat potong bergerak maju untuk melakukan pemotongan dan pemakanan. 

(baca juga : perbedaan antara metode PDCA dengan metode DMAIC)

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar