Jumat, 30 Oktober 2020

Penerapan Karakuri Sebagai Kaizen Yang Ramah Lingkungan



Dalam konsep Toyota Production System (TPS), telah dipelajari tentang berbagai macam pemborosan yang ada di lingkungan manufaktur. Jenis - jenis pemborosan tersebut dikelompokkan menjadi 7 macam, yang dalam bahasa Jepangnya dikenal dengan nama 7 Muda. Sedangkan dalam bahasa lean manufacturing, disebut sebagai 7 waste.

Salah satu pemborosan yang ada di dalam kategori 7 Muda yaitu motion (gerakan). Ketika bekerja, operator diharapkan mampu berhemat energi dengan cara meminimasi gerakan (baik gerakan tangan ataupun perpindahan) pada proses produksi.

Untuk meminimasi gerakan yang tidak perlu, maka dalam Toyota Production System (TPS) mengenalkan sebuah kaizen yang ramah lingkungan dan hemat energi. Kaizen itu bernama karakuri, yang bermanfaat untuk membantu kinerja operator dalam memindahkan barang.

Karakuri adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan barang dengan menggunakan gaya gravitasi bumi. Karakuri dibuat dari sambungan pipa dan disertai dengan roda - roda kecil dari plastik yang berfungsi sebagai pengantar barang. Pipa tersebut dibuat berdiri secara miring, supaya memudahkan dalam proses perpindahan barang. 

Prinsip kerja karakuri yaitu operator yang ingin memindahkan barang tinggal meletakkan barang di tiang pipa, kemudian mendorong barang tersebut untuk memindahkan ke tempat yang dituju. 

Barang yang didorong akan melaju di atas roda - roda kecil yang terbuat dari plastik. Dengan memanfaatkan gaya gravitasi dan kemiringan pipa karakuri, barang akan meluncur dengan santai. Operator tidak perlu berjalan untuk mengantarkan barang tersebut, karena dengan karakuri proses transfer barang menjadi efisien.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh karakuri kaizen adalah sebagai berikut ini :

1. Biaya pembuatannya murah, cukup merakit dari pipa - pipa dan roda - roda kecil yang terbuat dari plastik.
2. Ramah lingkungan, karakuri tidak membutuhkan bahan bakar atau sumber energi untuk memindahkan barang
3. Memudahkan operator dalam memindahkan barang secara cepat dan hemat tenaga.

Demikian pengertian mengenai karakuri sebagai kaizen yang ramah lingkungan. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar