Senin, 12 Oktober 2020

PENGERTIAN STOCK OPNAME

Di dalam dunia pergudangan ataupun perdagangan, kita sering mendengar kata stock opname. Apa yang dimaksud dengan stock opname? 

Stock opname adalah aktifitas penghitungan fisik terhadap inventory (persediaan barang) yang ada di gudang. Tujuan dari stock opname adalah untuk mengetahui tentang keakuratan catatan pembukuan dengan aktual data di lapangan yang merupakan salah satu fungsi sistem pengendalian inventory. 

(baca juga : manajemen gudang / warehouse Management)

Stock opname menjadi aktifitas untuk mengoreksi benar tidaknya tentang keberadaan barang yang kita miliki. Jika terdapat selisih antara stock opname dengan catatan pembukuan, maka kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau terjadi kecurangan dalam persediaan.

(baca juga : pengertian supply chain management)

Pada beberapa kasus di perusahaan, perhitungan stock opname dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Bisa dilakukan sebulan sekali, 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, ataupun 1 tahun sekali. Hal ini tergantung dari kebijakan perusahaan. Semakin banyak barang yang dimiliki di suatu gudang, maka akan semakin lama jangka waktu perhitungan stock opname-nya. Semakin sedikit barang yang dimiliki, maka akan semakin rutin pengecekannya.

(baca juga : seputar ilmu teknik industri)

Orang yang betugas dalam aktifitas stock opname adalah admin gudang dengan dibantu oleh beberapa operator gudang. Sedangkan kepala gudang bertanggung jawab untuk mengawasi aktifitas tersebut. Pada kasus yang lain, kepala gudang juga terlibat dalam stock opname untuk mempercepat pengambilan datanya. 

Itulah sekilas pengertian mengenai stock opname, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar