Rabu, 21 Oktober 2020

WORKSHOP (BENGKEL TEKNIK)

Pada industri manufaktur, pasti memiliki departemen yang berfungsi untuk mendukung kinerja peralatan produksi. Departemen tersebut bertugas untuk memperbaiki dan membuat alat yang berguna untuk mempermudah atau melancarkan produksi. 

Workshop (bengkel teknik) merupakan sebuah area yang menyediakan ruang dan peralatan untuk melakukan konstruksi atau manufaktur, dan/atau memperbaiki benda. Sedangkan pengertian perbengkelan yaitu pengetahuan dan keterampilan tentang peralatan dan metode untuk membuat, membentuk, mengubah bentuk, merakit, ataupun memperbaiki suatu benda menjadi bentuk yang baru atau kondisi yang lebih baik secara manfaat maupun estetika.

(Baca juga : mesin CNC)

Perbengkelan merupakan sebuah ilmu yang telah berkembang bahkan sebelum Revolusi Industri. Hal ini disebabkan karena bengkel adalah satu-satunya tempat untuk membuat alat hingga berkembangnya industri manufaktur besar dengan mesin uapnya.


Perbengkelan umumnya dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan : 
1. Bahan yang dikonstruksi (batu, kayu, atau logam
2. Pemanfaatannya (bengkel alat dan mesin pertanian, bengkel kendaraan bermotor, bengkel industri, bengkel kereta api, dan sebagainya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar