Selasa, 24 November 2020

Perbedaan Antara Remake Dengan Rework

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai perbedaan antara remake dengan rework. Sekilas remake dan rework terlihat sama, namun remake dan rework adalah 2 pengertian yang berbeda.

Remake adalah pembuatan ulang mengenai pesanan atau order sesuai dengan jumlah yang diminta, umumnya terjadi karena kurangnya material atau komponen akibat masalah di produksi.

Sedangkan rework adalah pengerjaan ulang untuk perbaikan minor pada masalah yang berkaitan dengan kualitas. Proses ini tidak memerlukan tambahan material, hanya tambahan alokasi working hours (tambahan jam kerja) untuk mengerjakannya.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa remake lebih berat permasalahannya daripada rework. Jika pada kasus remake, customer menginginkan pembuatan ulang produk yang dipesan akibat kesalahan produksi seperti kurangnya material atau komponen, sehingga fungsi produk menjadi berkurang saat dipakai atau dikonsumsi. Hal ini berbeda dengan rework yang masalahnya terjadi karena terjadi sedikit kesalahan dalam proses produksi sehingga mengakibatkan cacat produk. Pada kasus seperti ini, cacat produk bisa diatasi dengan segera mungkin di lokasi produksi sebelum dikirim ke customer.

(Baca juga : belajar ilmu lean manufacturing untuk menyelesaikan permasalahan di produksi)

Itulah perbedaan mengenai remake dan rework, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar