Pelanggan merupakan salah satu stakeholder yang sangat penting dalam menentukan kelanjutan bisnis. Oleh karena itu banyak perusahaan yang mengutamakan kepuasan dari para pelanggan dalam mengelola bisnisnya. Kepuasan pelanggan bisa memberikan dampak yang besar bagi perusahaan baik secara langsung maupun tak langsung.
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan pelanggan atau konsumen setelah mendapatkan produk atau pelayanan dari suatu perusahaan. Perasaan tersebut timbul karena pelanggan membandingkan harapan tentang produk atau jasa yang akan diperoleh dengan kenyataan. Oleh karena itu kepuasan memang bersifat subjektif dan tergantung dengan perasaan pelanggan.
Pelanggan yang puas terhadap produk atau jasa dari suatu perusahaan akan berpotensi terus - menerus dalam menggunakan produk atau jasa tersebut. Pelanggan yang sangat puas akan rela mengeluarkan biaya lebih banyak untuk membeli produk atau jasa bila dibandingkan dengan pelanggan yang tidak puas. Pelanggan yang puas akan membeli produk atau jasa lebih sering bila dibandingkan dengan pelanggan yang kurang puas.
Pelanggan yang puas akan membuat citra produk atau jasa menjadi lebih baik dan lebih dikenal oleh masyarakat. Mereka tidak akan menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan kepada orang lain tanpa disuruh sekalipun. Sebaliknya, jika mereka tidak puas maka akan memperburuk citra produk atau jasa suatu perusahaan.
Itulah pengertian mengenai kepuasan pelanggan. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar