Rabu, 21 Juli 2021

Biaya Pemesanan (Ordering Cost)



Dalam manajemen persediaan barang, kita telah mengenal istilah yang namanya economic order quantity (EOQ). Terdapat 2 hal yang perlu diperhatikan dan dihitung, yaitu biaya penyimpanan (carrying cost/ holding cost) dan biaya pemesanan (ordering cost/ acquisition cost).  Keduanya harus dijalankan secara seimbang agar tidak terjadi pembengkakkan biaya serta masalah pemesanan barang yang berlebihan.

Biaya pemesanan adalah biaya yang dikeluarkan untuk memesan sejumlah barang yang dibutuhkan. Pemesanan barang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan baik untuk bahan baku, produk setengah jadi maupun produk jadi. Biaya pemesanan bisa berubah-ubah dan tidak tergantung pada jumlah barang yang dipesan. 

Dalam biaya pemesanan, terdapat 4 faktor yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut :

1. Biaya administrasi dan penempatan order

2. Biaya pemilihan vendor

3. Biaya pengangkutan dan bongkar muat

4. Biaya penerimaan dan pemeriksaan barang.

Biaya pemesanan tidak tergantung dari jumlah barang yang dipesan, namun tergantung pada berapa kali pesanan dilakukan.

Itulah sekilas pengertian mengenai biaya pemesanan, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar