Senin, 16 Agustus 2021

Pengalaman Monitoring Efisiensi Steam Boiler



Pada artikel kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya bekerja di industri kertas. Pada pabrik tersebut jenis kertas yang di produksi adalah jenis papermill ukuran CM 125 dan CM 150.

Pada saat bekerja saya menjabat sebagai Staff produksi Paper Machine (PM). Saya bekerja untuk melakukan input dan analisa terkait hasil produksi, efisiensi, defect, dan downtime mesin. Pada masalah efisiensi, di pabrik tersebut terjadi pemborosan pemakaian steam (uap) pada mesin boiler yang dihasilkan dari proses pembakaran batubara sebagai bahan bakarnya.


Steam boiler sangat panas, berguna sebagai pengering kertas dari kandungan kadar air. Standar pemakaian steam boiler yang ditargetkan oleh perusahaan yaitu sebesar 2.4 kg steam / kg kertas. Namun pada kenyataannya, pemakaian steam yang dialirkan ke mesin paper (paper machine) lebih dari itu, sehingga berdampak pada peningkatan biaya produksi. 

Saya diperintahkan oleh manager produksi untuk melakukan kontrol atau pengawasan terhadap pemakaian steam tersebut. Hingga pada akhirnya saya membuat sebuah check sheet (lembar periksa) untuk mencatat data - data hasil penggunaan steam boiler. Data - data pemakaian steam boiler tersebut diisi oleh operator paper machine di masing - masing shift. Operator mengisi data pemakaian steam tersebut melalui suatu program komputer di ruang monitoring.


Setiap jam hasil pemakaian steam boiler akan dicatat di lembar check sheet. Jika melebihi standarnya, yaitu sebesar 2.4 kg steam / kg kertas, maka operator harus menurunkan tekanan steam tersebut agar tidak terjadi pemborosan. Di sinilah dilema yang mereka alami, di sisi lain kualitas kertas harus bagus (tidak terlalu basah karena kadar air), dan di sisi lain mereka harus menghemat pemakaian steam boiler. Mereka harus pintar - pintar dalam mengelola mesin agar menghasilkan produk yang berkualitas dengan biaya produksi yang rendah (hemat energi).

Data pemakaian steam boiler tersebut setiap bulan akan kami presentasikan di hadapan jajaran manajemen dalam meeting sasaran mutu. Data tersebut menjadi bagian dari penilaian KPI (key performance index) departemen paper machine.

Itulah sekilas pengalaman saya dalam monitoring pemakaian steam boiler, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar