Rabu, 02 Oktober 2019

MOTION STUDY AND TIME STUDY (STUDI GERAK DAN WAKTU)

Pengertian Motion Study Dan Time Study
Motion study dan time study merupakan suatu studi tentang gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannya berdasarkan dengan perhitungan waktu. Studi ini diharapkan bisa mendapatkan gerakan-gerakan yang standar untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efektif dan efisien.
Kedua bidang studi tersebut pertama kali ditemukan oleh Frederick Taylor untuk time study dan Gilbreths untuk motion study yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja di perusahaannya. Meskipun ditemukan dalam kurun waktu yang hampir bersamaan, namun pada awalnya hanya time study dan penurunan insentif upah buruh yang lebih berkembang dibandingkan dengan motion study.

 
Seiring berjalannya waktu, keinginan untuk mendapatkan metode kerja yang lebih baik datang pada tahun 1930-an yang kemudian memunculkan perkembangan keilmuan teknik industri dengan tujuan untuk mengkombinasikan time study dengan motion study agar dapat menghasilkan metode kerja yang lebih baik dan ideal.
(baca juga : pengertian takt time)
Time study merupakan salah satu metode dalam praktek lean manufacturing dengan tujuan untuk mengidentifikasi opportunity perbaikan yang kemudian akan dijadikan standar dalam pelaksanaan pekerjaan dalam suatu proses.
Time study penting untuk diterapkan di area kerja. Hal ini disebabkan karena dengan melakukan time study, aktivitas produksi akan mudah untuk diprediksi. Pelaksanaan time study pada umumnya dilakukan oleh para engineer dari perusahaan tersebut khususnya dari industrial engineering, karena hal ini merupakan salah satu tugas pokok dalam membantu meningkatkan produktivitas kerja.
Alat - Alat Yang Bisa Digunakan Untuk Melakukan Time Study
1. Stop watch
Alat ini digunakan untuk menghitung waktu dari elemen-elemen dari proses yang ditentukan dan dipraktekkan oleh karyawan terlatih. Stop watch bisa dikategorikan menjadi dua yaitu Electronic stop watch dan Mechanical stop watch.
2. Sistem pencatat data
Adalah suatu alat atau software yang terinstal dan dapat merekam data yang didapat yang nantinya akan dijadikan kode tersendiri sebagai standar kode elemen-elemen proses.
3. Alat perekam video
Alat ini berfungsi untuk merekam setiap elemen-elemen dari proses yang sedang dilakukan oleh pekerja terlatih dan alat ini bisa berupa video camera. Fungsi alat ini yaitu agar dapat memudahkan peneliti time study dalam melihat kembali proses yang sedang berlangsung dan juga membantu mengidentifikasi jika ada elemen yang terlewatkan.
Perlengkapan Yang Harus Dibawa Untuk Melakukan Time Study
1. Pensil atau bolpen sebagai alat pencatat.
2. Kalkulator sebagai alat untuk menghitung waktu yang telah tercatat.
3. Form time study, form ini digunakan sebagai media untuk mencatat waktu, jarak, frekuensi dan sebagainya dari elemen-elemen kerja.
4. Alat pengukur, alat ini digunakan untuk menghitung jarak, kecepatan dan sebagainya.  

(Baca juga : pengertian cycle time atau waktu siklus)

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat πŸ™‚