Senin, 23 September 2019

KONSEP 5W1H

5W1H merupakan sebuah konsep rumusan pertanyaan yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Metode ini tidak hanya digunakan sebagai penelitian pada dunia akademik atau pendidikan, namun juga digunakan pada dunia non-akademik, contohnya adalah seperti dalam dunia bisnis.
Sebenarnya 5W1H adalah konsep yang cukup sederhana, namun memiliki fungsi yang sangat luar biasa dalam pnyelesaian suatu masalah.
Dalam pengambilan sebuah keputusan, terkadang suatu organisasi harus dapat menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan (goal) dan manfaat yang dapat diambil bersama. Sehingga metode 5W+1H bisa menjadi alternatif untuk solusi tersebut.
Apa itu metode 5W+1H? yaitu sebuah metode yang digunakan untuk mencari solusi terbaik dengan cara menjawab atas pertanyaan-pertanyaan seperti wartawan yang sedang meliput berita.
Metode ini bisa digunakan bersamaan dalam penanganan masalah sedang yang terjadi di lingkungan manajemen perusahaan, seperti masalah buruknya kualitas produk dan hasil produksi yang tidak sesuai dengan harapan. Dengan membentuk tim Gugus Kendali Mutu (GKM),5W1H bisa diterapkan sebagai alat untuk mendukung improvement (perbaikan) ke arah yang lebih baik dengan cara membuatkan daftar pertanyaan. Sehingga cita - cita perusahaan yang mengaplikasikan Total Quality Management (TQM) bisa terlaksana dengan baik.
Penjelasan mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :
1. What
What dalam bahasa inggris berarti apa, maksudnya adalah apa yang menjadi permasalahan dalam organisasi? Kata ''apa'' di sini bisa diangkat menjadi tema permasalahan yang sedang terjadi di perusahaan.
2. Why
Why berarti Mengapa. Artinya mengapa masalah itu bisa terjadi, sehingga mengakibatkan kerugian bagi perusahaan, atau alasan yang kuat agar tercapai tujuan yang diinginkan.
3. Where
Where berarti dimana. Artinya adalah dimana tempat yang menjadi penyebab timbulnya masalah? dengan mempertimbangkan analisa yang baik seperti penentuan tempat atau area terjadinya suatu masalah, diharapkan dapat mendukung penyelesaian yang baik

 
4. When
When berarti kapan. Kapan pekerjaan akan dimulai atau kapan pekerjaan akan diselesaikan. Waktu harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam upaya untuk menyelesaikan masalah.
5. Who
Who berarti siapa. Siapa yang akan dipilih untuk melakukan suatu pekerjaan, atau siapa yang diberi tanggung jawab untuk menangani maslah tersebut. Penanggung jawab di sini harus disertai dengan alasan yang kuat pada saat memilih orang yang akan melakukan pekerjaan dengan memerhatikan “the right man on the right place”
6. How
How berarti bagaimana. Bagaimana cara yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi dalam rangka menangani dan menyelesaikan permasalahan. Pendelegasian tugas merupakan hal yang penting untuk menjawab pertanyaan ini.

Dengan menggunakan metode 5W +1H, diharapkan tujuan dari sebuah perusahaan akan lebih terarah dan tepat sasaran, sehingga aktifitas pekerjaan akan lebih terorganisasi, memudahkan dalam melakukan evaluasi. Metode 5W+1H dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan setiap kegiatan.