Jumat, 30 Oktober 2020

Cara Memilih Kriteria Supplier Terbaik Dengan Metode Pembobotan

Supplier atau pemasok merupakan orang pertama yang terlibat dalam lingkaran supply chain management (manajemen rantai pasok) di suatu perusahaan. Supplier bertugas untuk menyediakan pasokan material ke perusahaan yang memesannyauntuk keperluan proses produksi.

Hal yang paling diutamakan dalam mencari supplier biasanya adalah karena harganya yang murah. Padahal, harga yang murah saja tidak cukup. Ada faktor lain yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier.

Selain harga yang murah, faktor lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan supplier yaitu kualitas yang bagus dan pengiriman yang tepat waktu. Bisa dibayangkan jika barang yang kita beli harganya sangat murah, tetapi dari segi kualitas sangat buruk, dan pengirimannya juga selalu terlambat. Dengan kasus seperti ini, apakah kita bersedia untuk berlangganan kepada supplier tersebut?

Dalam konsep lean manufacturing, keberhasilan suatu perusahaan bisa dilihat dari 3 faktor, yaitu kualitas produksinya bagus (Quality +), biaya produksinya murah (cost - ), dan pengiriman ke customer selalu tepat waktu (delivery +). Ketiga faktor ini dikenal dengan faktor QCD (Quality, Cost, Delivery). Oleh karena itu, untuk memilih kriteria supplier terbaik juga memerlukan analisa faktor QCD, agar tidak merugikan perusahaan.

Untuk memilih kriteria supplier terbaik, kita bisa menggunakan metode pembobotan dengan membandingkan faktor QCD. Skala penilaian pembobotan bisa dimulai dari nilai 1 sampai 5. Nilai 1 menggambarkan kondisi yang buruk, dan nilai 5 menggambarkan kondisi terbaik. 

Contoh kasus :

PT. Bahagia Selalu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi tepung jagung. Dalam proses produksinya, perusahaan membutuhkan suplai jagung. Perusahaan memiliki beberapa pilihan supplier yang bersedia untuk mensuplai jagung dengan kualitas terbaik, harga yang murah, dan pengiriman yang selalu tepat waktu. Namun perusahaan kesulitan untuk memilih supplier utama yang bisa dijadikan andalan.

Penyelesaian :

Sebelum kita melakukan pembobotan, kita harus menyusun terlebih dahulu mengenai skala yang digunakan untuk menentukan skor kualitas, harga, dan pengiriman. Berikut ini adalah skala pembobotan untuk masing - masing faktor QCD.

Setelah skala pembobotan untuk masing - masing faktor QCD kita buat, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan perbandingan pembobotan nilai QCD pada masing - masing supplier.












Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa supplier B memiliki total score tertinggi, yaitu sebanyak 11 poin. Oleh karena itu, supplier B terpilih untuk menjadi supplier utama dalam memasok jagung di PT. Bahagia Selalu.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar