Rabu, 04 November 2020

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Staff Purchasing

Dalam melakukan pembelian material atau bahan baku, terdapat beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang purchaser atau pembeli material. Kemampuan tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi proses supply chain (rantai pasok) material dari supplier ke gudang material milik perusahaan. Berikut ini adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang purchaser dalam melakukan pekerjaannya. 

1. Mampu mencari supplier material
Seorang purchaser harus mampu mencari supplier atau pemasok material. Hal ini termasuk bagian dari pekerjaan utama seorang purchaser. Dia harus mampu mencari pemasok - pemasok bahan baku yang berguna untuk kelangsungan proses produksi. Andai saja seorang purchaser tidak bisa mencari supplier, maka produksi tidak akan bisa berlangsung karena tidak ada pasokan bahan baku.

2. Mampu memilih supplier material terbaik
Setelah seorang purchaser berhasil menemukan beberapa supplier yang bisa mensuplai kebutuhan logistik material, maka dia harus mampu memilih supplier utama atau supplier terbaik di antara supplier yang lain. Dalam proses pemilihan supplier terbaik, terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Di antaranya yaitu harga yang murah (cost -), kualitas barang yang bagus (quality +), dan pengiriman yang selalu tepat waktu (delivery +). Ketiga faktor ini dalam lean manufacturing dinamakan dengan faktor QCD (quality, cost, delivery). Lalu pertanyaannya, bagaimana cara kita untuk memutuskan untuk memilih supplier terbaik berdasarkan faktor QCD? Kita bisa menentukannya dengan metode pembobotan. Jika anda ingin mengetahui caranya, bisa klik di sini untuk membaca cara menentukan supplier terbaik berdasarkan faktor QCD dengan metode pembobotan.

3. Mampu melakukan negosiasi harga
Seorang purchaser harus mampu melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga yang murah. Tidak ada salahnya kita melakukan penawaran harga kepada supplier, untuk menghemat biaya pembelian material. Dalam melakukan negosiasi harga, skill yang diperlukan adalah komunikasi yang baik dengan supplier.

4. Mampu menjaga kejujuran
Pekerjaan sebagai seorang purchaser adalah pekerjaan yang membutuhkan kejujuran tinggi. Bagaimana tidak, perusahaan telah memberi kepercayaan kepada kita untuk berhubungan dengan para supplier. Tentu saja transaksi pembelian harus dilakukan secara transparan tanpa adanya permainan politik dengan supplier. Bersikap jujur selain menguntungkan perusahaan sebagai pemilik modal juga menguntungkan diri kita sendiri sebagai purchaser. Bila kita jujur, nama baik kita akan terjaga meskipun kita sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.

Itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang staff purchasing. Terima kasih telah berkunjung k eblog saya, semoga artikel ini bisa memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar