Minggu, 22 November 2020

Fast Moving Consumer Goods (FMCG)



Fast moving consumer goods (FMCG) merupakan barang - barang yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. FMCG dikenal juga dengan nama Consumer Packaged Good (CPG), yaitu produk-produk yang memiliki kemasan.  Biasanya konsumen membeli produk tersebut sekurangnya sekali dalam sebulan. Beberapa perusahaan besar dunia yang menguasai sektor industri FMCG antara lain seperti Unilever, Procter & Gamble (P&G), dan Nestle. 

Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dapat diartikan sebagai produk - produk yang memiliki perputaran omset yang relatif cepat dan biaya produksi yang relatif rendah. Produk FMCG memiliki masa simpan yang relatif singkat karena sifatnya yang cepat rusak. Kategori produk FMCG umumnya mencakup berbagai macam produk konsumen yang sering dibeli termasuk peralatan mandi, sabun, kosmetik, pasta gigi, pisau cukur dan deterjen, serta non-durable seperti gelas, lampu, baterai, produk berbahan kertas dan barang-barang plastik. FMCG juga termasuk obat-obatan, barang elektronik, produk makanan & minuman kemasan, meskipun ini sering dikategorikan secara terpisah. 

Di Indonesia, setidaknya terdapat empat kategori produk utama FMCG. Keempat kategori produk utama tersebut yaitu Home Care and Personal Care, Foods and Beverages, Rokok (Cigarettes), dan Alkohol (Alcohol). Home Care and Personal Care yaitu barang-barang atau produk untuk perawatan rumah dan pribadi. Produk ini bisa meliputi kosmetik, perlengkapan mandi, alat kebersihan, pakaian, dan lain sebagainya. Sedangkan Food and Beverages merupakan bahan-bahan makanan dan minuman yang bisa langsung dikonsumsi maupun harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Kategori produk ini meliputi gula, kopi, teh, susu, bumbu instan, mie instan, dan lain sebagainya. 

(Baca juga : pentingnya kualitas daripada kuantitas)

Berikut ini merupakan karakteristik FMCG jika dilihat menurut perspektif konsumen dan perspektif pemasar :

* Karakteristik FMCG jika dilihat dari perspektif konsumen

1. Pembelian sering dilakukuan

2. Tidak ada upaya untuk memilih item

3. Harganya murah

4. Umur simpan produk pendek

5. Konsumsi produk cepat

.(Baca juga : cara menentukan kriteria suplier terbaik dengan metode pembobotan)

* Karakteristik FMCG jika dilihat dari perspektif pemasar

1. Volume penjualan tinggi

2. Perputaran persediaan cukup tinggi

Tantangan Yang Harus Dihadapi oleh Perusahaan Di Bidang Industri FMCG

Tantangan bisnis FMCG adalah berasal dari produk yang rata-rata memiliki keuntungan yang kecil serta usia produk yang pendek. Sehingga untuk menyiasati itu perusahaan harus bisa menjual produk sebanyak, Cipta dan seefisien mungkin. Tidak heran bila perusahaan FMCG sangat membutuhkan tenaga pemasaran seperti sales executive yang cerdas untuk menggaet banyak pelanggan. Selain itu perusahaan FMCG juga harus mencari solusi terkait dampak lingkungan karena sebagian besar produk berupa kemasan. 

Itulah pengertian mengenai FMCG, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa memberi manfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar