Kamis, 12 November 2020

Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Setiap perusahaan yang bergerak dalam memproduksi barang ataupun jasa pasti memerlukan yang namanya pelanggan. Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaaan pelanggan memang sangat menentukan untuk kelangsungan bisnis perusahaan. Perusahaan harus mampu untuk mengutamakan kepuasan pelanggan dalam mengelola bisnisnya. Kepuasan pelanggan akan memberikan dampak yang besar bagi perusahaan baik dari segi profit maupun reputasi. 

Kepuasan pelanggan dapat diartikan sebagai tingkat perasaan pelanggan atau konsumen setelah mendapatkan produk atau pelayanan dari sebuah perusahaan. Perasaan tersebut timbul karena pelanggan membandingkan antara harapan mengenai produk atau jasa dengan kenyataan yang didapatkan. Oleh karena itu tolak ukur tingkat kepuasan memang subjektif. Penilaiannya pun tergantung oleh pelanggan itu sendiri. Apabila konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan, kemungkinan besar pelanggan tersebut akan tetap setia terhadap suatu perusahaan. 

(Baca juga : pengertian supply dan demand)

Berikut ini merupakan faktor - faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan :

1. Kualitas Produk atau Jasa

Kualitas produk ataupun jasa sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Perusahaan harus bisa meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen agar konsumen menjadi pelanggan yang tetap.

2. Kualitas Customer Service 

Konsumen akan merasa senang apabila mereka mendapatkan kualitas pelayanan yang responsif dalam melayani kebutuhannya.

(Baca juga : pengertian customer relationship management)

3. Harga

Perilaku konsumen yaitu ingin mendapatkan harga barang ataupun jasa yang relatif murah. Hal ini bisa dirasakan apabila perusahaan menerapkan strategi promosi yang menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau jasa milik perusahaan.

4. Aksesibilitas yang Mudah

Dalam hal ini konsumen mudah dalam mendapatkan produk atau jasa tanpa biaya tambahan dan usaha tambahan. Dengan begitu, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan produk tanpa harus bersusah payah.

(Baca juga : pengertian manajemen kualitas)

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar