Rabu, 18 November 2020

Pengertian Learning Curve (Kurva Belajar)

Dalam dunia industri, sering kita melihat adanya perbedaan antara operator yang diberikan training dengan operator yang tidak diberikan training. Operator yang diberikan training cenderung lebih bagus performanya dibandingkan dengan operator yang tidak diberikan training. Untuk melihat perkembangan performa kinerja tersebut, kita bisa menganalisanya dengan learning curva atau kurva belajar. 

Learning curve atau kurva belajar merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat prestasi kuantitatif dari kemajuan suatu pembelajaran. Kurva belajar berfungsi dalam memberikan banyak informasi kepada pengguna termasuk menunjukkan tingkat penguasaan pekerjaan dibandingkan dengan frekuensi jumlah latihan yang telah dilakukan. Selain itu, kurva belajar memberitahukan perkembangan proses belajar sampai diperoleh hasil yang ingin dicapai. 


Apabila kita mengerjakan sesuatu, tentunya waktu yang dibutuhkan pada saat pertama kali bekerja akan lebih lama daripada pekerjaan yang dilakukan kedua kalinya, ketiga, keempat dan seterusnya. Dengan pengulangan pekerjaan secara terus menerus maka proses tersebut akan semakin cepat dalam pengerjaannya. Hal itu bisa dimonitoring melalui kurva belajar. Kurva belajar pertama disusun oleh Wright Curtis diterapkan pada tahun 1936 pada industri pesawat terbang, menyatakan bahwa biaya tenaga kerja langsung berkurang sejalan dengan proses belajar. Dasar pemikiran yg menyatakan bahwa organisasi dan orang-orang mengerjakan tugas mereka lebih baik ketika tugas diulangi. 


Kurva Belajar adalah sebuah gejala yang universal. Selama ada manusia yang terlibat dalam kegiatan, maka di situ pasti ada proses belajar walaupun kecil kadarnya. Proses pembelajaran hanya bisa terjadi melalui usaha untuk menyelesaikan suatu persoalan dan oleh karena itu hanya terjadi selama kegiatan. Itulah pengertian mengenai kurva belajar. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar