Senin, 16 November 2020

Microsoft Outlook Dan Peranannya Di Era Industri 4.0


Kemajuan industri di era 4.0 telah memaksa kita untuk bekerja dalam mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Lebih khusus pada proses pengiriman dan penerimaan data yang diperlukan untuk urusan administrasi perkantoran secara online, seperti email contohnya. Sebagian masyarakat yang sering menggunakan jasa pengiriman surat atau data secara online tentu tidak asing lagi dengan Gmail ataupun Ymail. Namun, selain dari dua aplikasi email tersebut, ada satu aplikasi lain yang memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan Gmail dan Ymail. Aplikasi tersebut bernama Microsoft outlook yang merupakan produk dari perusahaan microsoft. 

Microsoft Office Outlook yaitu aplikasi untuk mengelola informasi pribadi dari Microsoft Office. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengirim dan membaca email. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca email, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.


Apabila dilihat dari kepopulerannya, microsoft outlook ini mungkin masih belum sebanding dengan Gmail. Sedangkan Gmail sendiri merupakan aplikasi email yang sering digunakan oleh masyarakat. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Microsoft Outlook dapat mengungguli popularitas produk buatan Google.

Microsoft Outlook dapat tidak hanya bisa digunakan pada PC / komputer, tetapi juga bisa digunakan pada semua perangkat Windows. Misalnya Outlook Mobile, salah satu aplikasi outlook yang dapat menghubungkan data Outlook ke dalam smartphone. 

Kelebihan Microsoft Outlook

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Berikut ini merupakan kelebihan yang dimiliki outlook dibandingkan dengan aplikasi yang lain :

1. Memiliki penampilan yang sederhana dan elegan
2. Memiliki fungsi Undo untuk mengembalikan perintah yang baru saja dilaksanakan
3. Dapat dihubungkan ke media sosial
4. SkyDrive kapasitas 7 GB ditentukan
5. Dapat mengedit dokumen Office secara langsung di SkyDrive
6. Dapat memisahkan email yang masuk sesuai dengan kategori yang diinginkan
7. Memiliki sistem pembersihan spam yang andal
8. Dapat disinkronkan dengan smartphone
9. Dapat digunakan untuk melakukan panggilan video menggunakan Skype


Fungsi Microsoft Outlook

Mengenai fungsi dari Microsoft Outlook adalah sebagai berikut :

1. Microsoft Outlook bisa mengirimkan email dengan cepat.
2. Bisa membaca email secara offline.
3. Bisa digunakan untuk membuat draft rencana atau penjadwalan acara.
4. Bisa digunakan untuk mengamankan email di PC.
5. Bisa digunakan untuk mencadangkan email di PC.
6. Bisa digunakan untuk membuat dan mengatur buku alamat (Address book).

Itulah sedikit gambaran mengenai Microsoft Outlook, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar