Quality Management (manajemen kualitas) adalah suatu usaha untuk mengatur atau mengelola segala permasalahan mengenai kualitas produk agar tidak sampai mengecewakan customer (pelanggan). Hal ini merupakan tanggung jawab QC untuk tetap menjaga kepercayaan customer (pelanggan) agar tidak lari ke perusahaan yang lain dan memilih menjadi pelanggan rutin perusahaan kita.
Pada quality management (manajemen kualitas), terdapat beberapa komponen yang perlu untuk diperhatikan. Berikut ini merupakan penjelasan dari komponen - komponen utama dalam quality management.
1. Quality Planning
Quality planning adalah suatu proses pembuatan standar kualitas beserta cara - cara untuk mencapainya. Tanpa adanya quality planning, maka tidak akan pernah ada benchmark yang jelas, sehingga bisa menyebabkan kualitas dari produk yang dihasilkan menjadi berbeda-beda. Oleh sebab itu, komponen ini bisa dikatakan semacam tonggak utama yang harus dijalankan agar komponen lain dapat terlaksana dengan maksimal.
2. Quality Improvement
Quality improvement ditujukan untuk meningkatkan kualitas produk yang sedang diproduksi oleh perusahaan. Peningkatan kualitas berfokus pada proses produksi. Peningkatan kualitas ini dapat dijalankan di tengah-tengah produksi, supaya proses lebih optimal dan produk yang dihasilkan bisa dipercaya kualitasnya.
(Baca juga : pengertian lean six sigma)
3. Quality Control
Quality control adalah pengecekan atau pengawasan dalam proses produksi yang berguna untuk menjaga kualitas produksi, agar sesuai dengan standar yang ditetapkan di awal. Bila dibandingkan dengan quality improvement, maka quality control lebih berfokus kepada pengawasan proses produksi dan produk yang dihasilkan, bukan mengubah prosesnya.
4. Quality Assurance
Quality assurance adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memastikan bahwa produk atau jasa sudah memenuhi standar yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar ketika quality control dijalankan tidak terlalu banyak produk yang harus diperbaiki. Proses ini dapat membuat produksi lebih efisien baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya.
Itulah penjelasan mengenai beberapa komponen utama dalam quality management, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar