KPI (Key Performance Indicators) adalah suatu teknik yang digunakan untuk melihat seberapa efektif kinerja dari suatu departemen ataupun organisasi di suatu perusahaan. KPI merupakan suatu indikator yang digunakan untuk menilai performa kerja suatu bagian organisasi.
Setiap perusahaan pasti berkeinginan untuk melihat perkembangan bisnis yang sedang dijalankannya. Oleh karena, keberadaan KPI bisa menjadi alternatif penilaian terhadap masing - masing divisi di suatu perusahaan.
Pada pembuatan KPI, tentunya sangatlah berbeda di setiap departemennya. Hal ini disebabkan karena setiap divisi memiliki target dan tujuan yang berbeda. Misalnya KPI di departemen marketing adalah seberapa banyak penjualan yang berhasil dicapai. KPI di departemen produksi adalah seberapa efisien mesin, material, tenaga kerja yang digunakan.
Di departemen quality control (QC), yang menjadi bagian dari penilaian KPI yaitu seberapa banyak customer complaint (keluhan pelanggan) yang diterima oleh perusahaan akibat kualitas produk yang buruk. Kita tahu bahwa divisi quality control (QC) adalah suatu divisi di perusahaan yang bertugas untuk melakukan pengendalian dan pengawasan kualitas produk yang sedang dibuat. Divisi QC bertanggung jawab terhadap terjaminnya kualitas produk yang akan diterima oleh pelanggan berdasarkan dari pengawasan yang ketat.
(Baca juga : 7 alat pengendalian kualitas)
KPI biasanya dibuat setiap sebulan sekali, dan menjadi sebuah "rapot" dari penilaian setiap divisi di perusahaan. Di divisi QC, dalam penilaian KPI-nya yaitu berapa banyak customer complaint setiap bulannya yang diterima perusahaan. Kebanyakan hampir semua perusahaan di bidang manufaktur menginginkan bahwa customer complaint (keluhan pelanggan) targetnya adalah nol (0) atau zerro customer complaint. Hal ini bertujuan untuk menjaga kepercayaan pelanggan agar mereka tidak beralih ke pesaing yang lain.
Itulah sekilas penjelasan mengenai penilaian KPI di divisi QC, terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar