Rabu, 25 November 2020

Pengertian Brand Dan Branding



Dalam suatu bisnis pastinya masing - masing perusahaan memiliki nama brand atau merk sendiri - sendiri untuk mengenalkan produk hasil ciptaannya kepada para konsumen. Brand ini nantinya akan selalu dikenal oleh masyarakat dan para konsumen jika memiliki kualitas yang tinggi dan memberikan kepuasan kepada para konsumen.


Pengertian Brand (Merek)

Brand merupakan nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing (Kotler, 2009:332). 

Brand atau merek merupakan frontliner sebuah produk, suatu tampilan awal yang memudahkan konsumen mengenali produk tersebut. Pada prinsipnya brand merupakan janji penjual atau produsen yang secara kontinu membawa serangkaian kesatuan tampilan (performance), manfaat (benefit) dan layanan (service) kepada  Branding pembeli.

(Baca juga : pengertian customer relationship mangement / CRM)


Pengertian Branding (Pemberian Merek)

Branding merupakan suatu kegiatan untuk membuat nama, simbol atau pun identitas untuk membedakan satu produk/jasa dengan produk/jasa yang lainnya. 

Aktivitas pemerekan atau branding adalah implementasi dari strategi komunikasi merek dan merupakan bagian dari proses pengembangan (nilai) merek. Selain itu aktivitas pemerekan biasanya juga dilakukan oleh perusahaan untuk menarik minat tenaga kerja, biasanya disebut sebagai employer branding.

(Baca juga : pengertian fast moving consumer good / FMCG)


Fungsi Branding 

Fungsi Branding yaitu untuk menanamkan image atau citra dari sebuah brand atau merk kepada masyarakat maupun kepada para konsumen. Apabila suatu perusahaan memiliki produk atau jasa dengan brand tersendiri maka diharapkan produk tersebut akan selalu diingat oleh masyarakat atau konsumennya dalam jangka waktu yang lama.

(Baca juga : pengertian break even point / BEP)


Itulah pengertian mengenai brand dan branding. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar